26 June 2022, 22:00 WIB

FKG UI Beri Edukasi Kesehatan Gigi dan Gusi Bagi Ibu Hamil di Muara Gembong


Mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. FKG UI
 Dok. FKG UI
Kegiatan edukasi kesehatan gigi dan gusi bagi ibu hamil yang digelar FKG UI

KESEHATAN pada masa kehamilan, termasuk kesehatan gigi dan gusi, merupakan hal penting yang harus diperhatikan karena selain mempengaruhi kondisi Ibu juga dapat mempengaruhi kondisi bayi yang berada di dalam kandungan. 

Hal itu mendorong drg. Adityo Widaryono beserta staf dosen dan peserta pendidikan spesialis Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) menggelar Edukasi Kesehatan Jaringan Periodontal pada Masa Kehamilan di Puskesmas Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Sabtu (25/6).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Departemen Periodonsia FKG UI itu ditujukan kepada Ibu PKK dan Kader Posyandu di Kecamatan Muara Gembong sebagai bentuk kaderisasi untuk dapat menginformasikan pengetahuan mengenai kesehatan gusi, khususnya di masa kehamilan kepada masyarakat yang lebih luas. 

Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FKG UI drg. Benso Sulijaya mengatakan, Kecamatan Muara Gembong merupakan salah satu area target Kegiatan Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia. 

Baca juga : Pemerintah Ajak Masyarakat Cegah Ekstremisme di Media Sosial

“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang peningkatan kesehatan, khususnya kesehatan gigi dan mulut,” kata drg. Benso Sulijaya, Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FKG UI. 

Sebanyak 50 orang perwakilan Ibu PKK dan Kader Posyandu mengikuti kegiatan itu dengan antusias. Pihak Kecamatan Muara Gembong Hasan Basri dan Kepala Puskesmas Kecamatan Muara Gembong Rakhmat juga menyambut baik dan berharap kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan secara rutin.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat merupakan program rutin yang dilaksanakan Departemen Periodonsia FKG UI dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. 

Pendidikan dokter gigi spesialis periodonsia memiliki kekhususan untuk mempelajari jaringan penyangga gigi. Bidang ilmu Periodonsia terus berkembang seiring dengan meningkatnya teknik perawatan serta teknologi di bidang tersebut. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT