25 June 2022, 21:10 WIB

Menkes: Berantas Narkoba, Wujudkan Generasi Unggul


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

Antara
 Antara
Menkes Budi Gunadi bersiap memimpin sesi rangkaian pertemuan G20.

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengajak seluruh pemuda di Tanah Air untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba. Hal itu dapat mewujudkan generasi unggul dan berkualitas.

"Agar lebih produktif dan berdaya saing, mari bersama mencegah penyalahgunaan narkoba," tegas Budi dalam seminar virtual, Sabtu (25/6)

Menurut dia, pemuda merupakan generasi penerus harapan bangsa, yang berperan penting dalam program pembangunan negara. "Pada 2030, Indonesia akan mencapai bonus demografi," katanya. 

Baca juga: Dalam Berantas Narkoba, BNN Miliki Tiga Strategi Jitu

"Dengan adanya dominasi usia produktif, khususnya di dalamnya termasuk pemuda, akan memegang peranan penting dalam mendukung program pembangunan nasional," imbuh Budi.

Pemerintah dikatakannya terus melakukan sejumlah upaya guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman pemuda. Dalam hal ini, agar berperan aktif mewujudkan terciptanya generasi unggul dan berkualitas.

Baca juga: RI Siap Jadi Tuan Rumah Hari Anti Narkoba Internasional

"Saat ini, terdapat beberapa masalah terkait perilaku berisiko di tengah para pemuda. Misalkan, masalah kekerasan, perundungan, penyalahgunaan narkoba, hingga penyebaran penyakit menular seksual," pungkasnya.

Berdasarkan data BNN, BRIN dan BPS, angka prevalensi gangguan penyalahgunaan narkoba, psikotropika dan zat adiktif lainnya meningkat dari 1,8% pada 2019, kemudian menjadi 1,95% pada 2021.

Sementara itu, prevalensi terbanyak ada dalam kelompok usia 15-24 tahun. Budi pun mengajak semua pihak untuk membangun generasi muda yang sadar kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat.(OL-11)

BERITA TERKAIT