24 June 2022, 22:35 WIB

Kembangkan Layanan, UT Jalin Kerja Sama Dengan Garuda Indonesia


Syarief Oebaidillah | Humaniora

MI/Syarief Oebaidillah
 MI/Syarief Oebaidillah
MoU Kerja sama UT dengan Garuda Indonesia

DINAMIKA bidang pendidikan di Indonesia berkembang pesat dan cepat. Universitas Terbuka (UT) berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pemangku kepentingan.

"Sebagai Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh atau PTTJJ. UT berkomitmen  meningkatkan mutu dan kualitas layanan dalam menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ yang tidak mengenal batas di tanah air juga di luar negeri," kata Rektor UT Ojat Darojat pada sambutan acara penandatangan kerjasama (MoU) dengan PT Garuda Indonesia di gedung UTCC kampus UT, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (24/6).

Ojat menegaskan UT, menjalin kerja sama di segala bidang dengan berbagai pihak, yang berhubungan langsung secara substantif di bidang akademik, maupun pihak yang dapat menunjang penyelenggaraan PJJ oleh UT.

"Kali ini, UT menjalin kerja sama dengan PT Garuda Indonesia sebagai langkah UT memperluas jaringan hubungan baiknya dengan mitra-mitra yang senantiasa menunjang proses bisnis UT," ujar Ojat.

Ojat memaparkan, dalam sejarahnya UT yang telah berusia 38 tahun berkembang cepat dan maju. Di tengah pandemi, UT tetap eksis berkiprah memberi layanan. UT merupakan perguruan tinggi terbesar dengan 350 ribu mahasiswa tersebar di tanah air dan di 50 negara. Selain itu, alumni UT yang berjumlah 1,9 juta juga tersebar dengan berbagai profesi.

"Kami patut berbangga bahwa kepercayaan masyarakat tinggi pada UT, " ujarnya.

Baca juga : Dorong Literasi Digital, Kemenkominfo Gelar Training of Trainers bagi ASN Kemendagri

Ia menyatakan, UT dirancang oleh pemerintah untuk mewujudkan sila ke 5 Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia khususnya bidang pendidikan sekaligus merealisasikan UUD 1945 pada Pasal 31 mewujudkan pendidikan bagi semua lapisan masyarakat.

Sehingga, lanjut Guru Besar Ilmu Pendidikan Ekonomi itu dengan jangkauan luas, maka MoU dengan Garuda Indonesia amat strategis bagi UT juga untuk Garuda Indonesia. Ojat mencontohkan dalam catatan perjalanan dinas pimpinan dan karyawan UT di pusat dan daerah ada 14 ribu perjalanan dinas. 

"Maka MoU ini dapa menguntungkan kedua belah pihak. Sejak MoU ini kami berkomitmen terkait perjalanan dinas dengan menggunakan transportasi udara Garuda Indonesia," pungkas Ojat seraya menambahkan akan ada pelayanan kargo untuk bahan ajar serta marketing.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengaku bersyukur, bangga dan terhormat menjalin kerja sama dengan UT. Irfan mengaku pihaknya menanti realisasi MoU dengan UT sejak lama .Dikatakan. melalui MoU ini seluruh jajaran UT dapat memannfaatkan fasilitas perjalanan udara  ntuk dinas dan non dinas, juga untuk mahasiswa dan keluarga besar UT.

"Kerja sama dengan UT memberi makna tinggi terutama kerja sama dengan sektor pendidikan guna mencetak SDM unggul. Kami berkomitmen memberi pelayanan terbaik," pungkas Irfan.(OL-7)

BERITA TERKAIT