22 June 2022, 13:48 WIB

Ikatan Fisioterapi dan Puskesmas Ajak Masyarakat Cegah Penyakit Tak Menular 


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
IFI dan Puskesmas Pasar Minggu bekerja sama menggelar kegiatan Gerakan FIsioterapi SIGAP dan Bulan Gerakan Deteksi Dini PTM.

IKATAN Fisioterapi Indonesia (IFI) dan Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu bekerja sama dengan Lintas Sektor dan TP-PKK Kecamatan menggelar kegiatan Gerakan FIsioterapi SIGAP (Siap Siaga untuk bergerak untuk Indonesia Sehat) dan Bulan Gerakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Fisioterapi Indonesia ke-54, Bulan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular 2022 dan HUT ke-495 DKI Jakarta itu digelar di Mall Pejaten Village, Jakarta.

Dalam keterangan pers, Rabu (22/6), Ketua IFI Cabang Jakarta Selatan Purnamadyawati menyampaikan kegiatan yang dilakukan bekerja sama dengan Puskesmas Pasar Minggu itu sebagai wujud kepedulian fisioterapi dalam layanan primer dan ikut berpartisipasi dalam pencegahan terhadap penyakit tidak menular dengan deteksi dini.

Baca juga:

"Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan, keikutsertaan kemampuan masyarakat untuk mencegah faktor risiko dan mengendalikan penyakit tidak menular," kata Purnamadyawati

Selain itu, kegiatan juga unyuk menguatkan kolaborasi terintegrasi antara berbagai pemangku kepentingan dalam melaksanakan pencegahan dan penyakit tidak menular.

"Dan meningkatkan upaya penggerakan deteksi dini faktor risiko dan penyakit tidak menular, serta akselerasi cakupan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular," kata Purnamadyawati.

Purnamadyawati melanjutkan beberqpa kegiatan yang dilakukan dalam acara itu yakni edukasi dan penyuluhan pencegahan PTM (penyakit tidak menular) dengan gangguan musculoskeletal, pemeriksaan vital sign, GDS, kolesterol dan asam urat, serta kegiatan deteksi dini pada obesitas (IMT), keseimbangan, dan posture. 

"Juga ada talkshow bertema Cegah dan Kendalikan Penyakit Tidak Menular bekerjasama dengan dokter penyakit dalam Klinik Medikal Plaza dan Perkumpulan Fisioterapi Indonesia (PERFI) Cabang Jakarta Selatan," kata dia.

Kemudian, melakukan lomba jingle Cerdik secara berkelompok (1 kelompok 5 orang). memberikan reward/apresiasi kepada pasien hipertensi yang rutin berobat di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu, memeriksa deteksi dini faktor resiko PTM, skrining keseimbangan, posture, IMT dengan in body dan konsultasi kesehatan.

"Terakhir, makan buah bersama sebagai perayaan HUT DKI," urai Purnamadyawati.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan dr Yudi menyambut baik kegiatan dengan tema Jakarta Hajatan dan berkolaborasi dengan IFI cabang Jakarta Selatan. "Karena ini bagian dari kolaborasi yang kuat," ucap Yudi. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT