22 June 2022, 11:44 WIB

Donor Darah Metro TV, PMI Tangerang Targetkan 120 Kantong


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi - Sejumlah karyawan Media Group melakukan donor darah di Komplek Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Senin (30/11/2020).

MEDIA Group kembali mengadakan kegiatan donor darah. Acara donor darah ini merupakan bagian dari kegiatan Metro TV sosial. Melalui program Metro TV Berbagi, kali ini bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang. 

Masih dalam rangka hari donor darah sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 Juni, kegiatan sosial ini diadakan di dalam ruang Rapat Besar Lobi 3 gedung Media Indonesia, Jakarta Barat pada Rabu (22/6).

Baca juga: Peran Masyarakat Dibutuhkan untuk Atasi Masalah Sampah Plastik

Kegiatan tersebut rutin dan diikuti oleh keluarga besar Media Group. Tujuannya, dengan mendonorkan darah, tubuh bisa menjadi lebih sehat dan dapat membantu sesama manusia. 

Pada pukul 09.00 WIB, para peserta donor darah datang untuk registrasi Online melalui aplikasi Sidoni. Pihak panitia juga menyediakan sarapan bubur kacang hijau, telur rebus dan teh hangat untuk para peserta donor. 

Setelah melakukan registrasi, petugas donor memanggil nama peserta sesuai dengan yang sudah terdaftar. Para peserta akan diperiksa tensi dan kadar HB. 

Hingga pukul 10.45 WIB, sebanyak 110 orang sudah mendaftarkan dirinya untuk mendonor. 

"Disini targetnya kita hari ini sebanyak 120 kantung darah," ujar Fitriyah selaku Penanggung Jawab Tim Lapangan dari PMI Kab. Tangerang saat diwawancara Media Indonesia dilokasi, Rabu (22/6). 

Fitriyah juga mengatakan, untuk stok darah di PMI Kab. Tangerang sendiri kebutuhannya sudah meningkat. 

"Alhamdulillah sudah meningkat, kegiatan kita lumayan padat, satu hari bisa 4 lokasi," imbuhnya. 

Menurut Fitriyah, kegiatan donor sangat membantu kebutuhan darah pasien. Mulai dari orang dengan hemoglobin rendah, pascaoperasi, hingga ibu yang baru melahirkan. "Harapannya kerja sama ini bisa lebih rutin lagi dan jumlah pendonor meningkat," papar dia. (OL-6)

BERITA TERKAIT