21 June 2022, 17:31 WIB

Gelombang Setinggi 6 Meter Diprediksi Landa Perairan Selatan Jawa


Lilik Darmawan | Humaniora

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

CUACA buruk diperkirakan bakal melanda perairan selatan Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng) dan DIY. Pasalnya, gelombang tinggi di Samudra Hindia bisa mencapai 6 meter.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Liesda Dwi Kartika mengatakan di samudera sebelah selatan Jabar, Jateng dan DIY dapat mencapai 6 meter.

"Gelombang tinggi di samudra dapat mencapai 6 meter bisa terjadi di perairan selatan Jabar yakni Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran. Sedangkan di Jateng potensial di sebelah selatan Cilacap, Purworejo, Kebumen. Selain itu juga DIY," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/6).

Menurutnya, di perairan dan pantai juga tinggi. Sebab, diperkirakan gelombang dapat mencapai 2,5 hingga 4 meter.

"Gelombang tinggin di wilayah Indonesia terjadi akibat pola angin wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara-selatan. Kecepatan angin mencapai 5 knot-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 knot-25 knot," jelasnya.

Dia menambahkan dengan kondisi cuaca buruk tersebut, diingatkan kepada pengunjung pantai, nelayan dan pengguna jasa kelautan lainnya untuk waspada. (OL-15)

BERITA TERKAIT