21 June 2022, 11:17 WIB

Mahasiswa UMJ Dapat Pelatihan Penyiaran dan Bisnis Berkelanjutan


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Konferensi pers Community Engagement: Broadcast Your Creativity di Jakarta.

DALAM mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), generasi muda memegang peranan penting.

Survei Sosial Ekonomi Nasional 2019, memperkirakan jumlah pemuda sebesar 64,19 juta jiwa atau seperempat dari total penduduk Indonesia.

Dengan kata lain, pemuda menjadi kekuatan ekonomi dan tulang punggung pembangunan negara untuk mengakhiri kemiskinan.

Oleh karena itu, dalam rangka memperkuat peran pemuda, Danone – Aqua, bersama PP Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dan TVMU menyelenggarakan Community Engagement: Broadcast Your Creativity.

Kegiatan yang menyasar mahasiswa UMJ ini digelar pada April – Juni 2022, dalam bentuk rangkaian workshop broadcasting, pengayaan materi mengenai bisnis berkelanjutan serta ditutup dengan kompetisi video pendek.

Dalam konferensi pers pengumuman pemenang lomba kompetisi video pendek yang digelar di Gd. PP Muhammadiyah Jakarta, hadir Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Majelis Pustaka dan Informasi; Arif Mujahidin, Corporate Communications Danone Indonesia; Dr. Oktaviana Purnama Sari, S.Sos., M.Si, Kepala Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UMJ; Drs. Makroen Sanjaya, M.Sos., Dosen UMJ dan Direktur TV Muhammadiyah.

Baca juga: UPH Gelar Pameran dan Seminar untuk Menjawab Fenomena Hybrid

Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Majelis Pustaka dan Informasi mengatakan,“Kolaborasi Danone-Aqua dengan TV MU adalah sebuah Langkah baik untuk memberikan perhatian lebih dalam mempersiapkan masa depan generasi selanjutnya,” ujar Prof Dadang di Jakarta, Senin (20/6).

Dadang berharap, kedepannya agar lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan positif yang menyasar generasi muda, dan dapat menjadi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat.

Arif Mujahidin, Corporate Communications Danone Indonesia menyampaikan apresiasi terhadap seluruh mahasiswa UMJ yang telah berpartisipasi dalam kegiatan.

“Untuk mencapai SDGs dibutuhkan kerja sama dari seluruh pihak, termasuk sektor swasta dan masyarakat. Dan Danone – Aqua gencar melakukan berbagai kampanye digital yang banyak melibatkan generasi muda,” jelas Arif Mujahidin.

Lebih lanjut, Arif menjelaskan inisiatif ini bertujuan untuk mendorong generasi muda menjadi agen-agen pembawa kebaikan bagi ekosistemnya melalui karya-karya yang positif dan menginspirasi.

Dr. Oktaviana Purnama Sari, S.Sos., M.Si, Kepala Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UMJ, ada korelasinya dunia industri berdekatan dengan akademi. “Untuk itu, saya berharap kepada para mahasiswa supaya kreativitasnya dipacu agar menciptakan konten-konten yang tidak hanya kreatif, tetapi inspiratif,“ ujarnya

Danone – Aqua berkomitmen untuk menerapkan keberlanjutan sebagai core business dan menggunakan bisnis sebagai kekuatan untuk kebaikan dengan membawa kesehatan untuk kebaikan kepada banyak orang, masyarakat dan lingkungan.

Tujuan jangka panjang ini penting untuk selaras dengan 17 tujuan besar di dalam SDGs yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia hingga 2030 yang terintegrasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional di tahun 2020-2024.

“Selama hampir 50 tahun beroperasi di Indonesia, Danone-AQUA terus berkomitmen untuk menghadirkan kesehatan melalui hidrasi yang sehat serta produk dan layanan yang berkualitas<' jelasnya.

"Selain itu, kami juga selalu fokus untuk menjalankan operasional yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dengan fokus untuk menjaga sirkularitas air, sirkularitas kemasan dan sirkularitas karbon. Berbagai hal tersebut sejalan dan dilakukan untuk mendukung target pencapaian SDGs pemerintah Indonesia,”,tutup Arif. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT