19 June 2022, 14:33 WIB

PPIH Beri Layanan Khusus Bagi Jemaah Haji dengan Risiko Tinggi


Dinda Shabrina | Humaniora

MI/Susanto
 MI/Susanto
Jemaah haji yang tiba di Madinah dibantu PPIH

PANITIA Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyebut akan memberikan layanan terbaik bagi jemaah, salah satunya pelayanan khusus bagi jemaah dengan kategori resiko tinggi (risti) karena penyakit komorbid dari Tanah Air.

Pelayanan khusus jemaah risti ini difasilitasi Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

“Ini merupakan upaya kita untuk mendekatkan layanan kesehatan spesialis bagi jemaah haji,” ujar Kepala Seksi KKHI Daker Makkah Muhammad Imran dalam keterangan tertulis, Jumat (17/6).

“Jadi kita menjemput jemaah haji yang risti ke KKHI untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” imbuhnya.

Imran mengungkapkan sebelumnya jemaah risti dilakukaan screening oleh dokter kloter dan Emergency Medical Team (EMT) di sektor. Jemaah yang diseleksi tersebut dibawa ke KKHI untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut, pemeriksaan penunjang, laboratorium dan obat-obatan spesialistik.

Baca juga: Bekerja 24 Jam untuk Jemaah, Petugas Haji Sektor 4 Dibagi Enam Tim

Imran menyebut jemaah risti banyak yang sudah memiliki penyakit bawaan dari Tanah Air, sebagian besar menderita hipertensi, diabetes dan jantung.

“Ini tiga penyakit yang ada di jemaah kita tahun ini,” katanya.

Dijelaskan Imran, penyakit komorbid ini yang berisiko menyebabkan mereka tidak bisa menyelesaikan ibadahnya dengan sempurna karena ada keterbatasan.

“Agar mereka bisa menyelesaikan ibadahnya dengan sempurna kita memberi layanan terbaik buat mereka, dan mereka bisa melaksanakan rukun haji dengan baik,” imbuh dia.

Imran menyampaikan pemeriksaan khusus bagi jemaah risti ini akan jadi program berjalan berkala.

“Hari ini ada 25 risti, besok kita lanjutkan lagi kloter berikutnya. Ini upaya kita untuk menekan angka kematian jemaah haji kita,” tukasnya.(OL-5) 

BERITA TERKAIT