19 June 2022, 09:42 WIB

Integrasi SDM, 3621 Periset dari K/L Sudah Gabung ke BRIN


Faustinus Nua | Humaniora

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
 ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Kepala BRIN Laksana Tri Handoko

BADAN Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah melakukan integrasi SDM riset. Hal itu sesuai dengan Perpres 78/2021 pasal 65 yang menyebutkan pengalihan tugas, fungsi dan kewenangan pada unit kerja pelaksana fungsi penelitian, pengembangan, ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan K/L yang menjadi tugas fungsi BRIN.

Lantas, pada 17 Juni 2022, BRIN kembali menyelenggarakan pelantikan SDM peralihan sejumlah 1.648 periset. Dengan demikian, total 3.621 SDM periset peralihan dari K/L telah resmi bergabung ke BRIN.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko memberi selamat kepada para periset yang baru bergabung di lingkungan BRIN.

"Ini adalah titik awal, kami harapkan Bapak-Ibu bisa mencair dengan rekan-rekan yang sudah terlebih dahulu berada di BRIN. Hal yang terpenting adalah Bapak-Ibu dapat mengetahui bidang kepakaran rekan-rekan lain sehingga nantinya jika memiliki passion yang sama, kita dapat berkolaborasi bersama dan dapat mengemban tanggung jawab bersama,” ucap Handoko dalam keterangannya, Minggu (19/6).

Plt. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menyampaikan hanya BRIN yang boleh mengusulkan kenaikan pangkat peneliti. Hal itu ditegaskannya karena semua SDM peneliti di seluruh K/L seharusnya sudah menjadi pegawai BRIN.

“BKN akan mengembalikan usul kenaikan pangkat untuk peneliti yang bukan dari BRIN. Ini sebagai konsekuesi pelaksanaan dari Keppres No. 78 Tahun 2021,” jelas Bima.

Baca juga:  Pertama Kalinya, BRIN Dilibatkan dalam Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia

“Pada kesempatan ini pegawai yang diserahterimakan berjumlah 1.648 pegawai, 272 di antaranya adalah jabatan fungsional utama. Mudah-mudahan ini yang terakhir, tapi dugaan saya kemungkinan akan ada yang tercecer. Jadi mungkin ada lagi sedikit di batch berikutnya, tidak terlalu banyak lagi. Karena kendala belum lengkap administrasinya untuk dipindahkan ke BRIN,” tambahnya.

Plt. Kepala Biro Organisasi dan SDM BRIN Ratih Retno Wulandari menyebutkan, secara keseluruhan, jumlah SDM yang diserahterimakan sebanyak 1.404.

“Hari ini pelantikan dilakukan kepada 1.276 SDM. Sedangkan 128 SDM sedang tugas belajar dan 12 CPNS akan dilantik minggu depan,” tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT