15 June 2022, 15:40 WIB

Jemaah Haji Diminta Perhatikan Batas Waktu Makan


Dinda Shabrina | Humaniora

MI/Susanto
 MI/Susanto
Makanan untuk jemaah calon haji

KEPALA Biro Humas, Data dan Informasi Kemenag Akhmad Fauzin mengatakan tahun ini pemerintah memberikan layanan konsumsi sebanyak tiga kali sehari, yaitu makan pagi, siang dan malam. Setiap makanan yang didistribusikan, kata Akhmad, punya batasan waktu yang perlu diperhatikan jemaah.

“Batas mengonsumsi untuk makan pagi pukul 11.00. Makan siang pukul 17.00 dan makan malam pukul 23.00 waktu Arab Saudi. Penyajian diberikan dalam kemasan box yang sudah lulus uji standar higienis,” ujar Akhmad dalam konferensi pers Media Center Haji PPIH Pusat, Rabu (15/6).

Setiap hari, makanan yang dikonsumsi jemaah bervariasi. Lalu akan kembali ke menu awal di hari Senin pekan berikutnya. Isi makanan, imbuh Akhmad, berupa nasi, sayur, lauk, buah dan air mineral.

“Setiap makanan didistribusikan ke setiap akomodasi jemaah haji sebelum waktu makan tiba. Menu makanan bervariasi setiap harinya. Dari hari senin-ahad. Pemerintah menyediakan makan selama 25 hari, dengan hitungan sebanyak 75 kali makan,” tutur Akhmad.

Baca juga: Dipantau Lewat Telejamaah, Ada 4.103 Jemaah Haji Sakit

Mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan dan menjadi layanan pokok untuk jemaah haji, Akhmad mengingatkan agar jemaah segera mengonsumsi makanan yang telah dibagikan sebelum batas waktu yang telah disebutkan.

“Tidak mengonsumsi makanan melewati batas waktu sebagaimana yang tertera dalam box makanan. Segera melapor kepada petugas apabila menemukan makanan yang terindikasi basi dan tidak sesuai,” ungkapnya.

Pemerintah berharap jemaah dapat menyantap makanan yang telah disediakan agar kesehatan jemaah dapat tetap terjaga. Sehingga rangkaian pelaksanaan ibadahnya dapat terlaksana dengan baik dan tertib.(OL-5)

BERITA TERKAIT