14 June 2022, 15:33 WIB

Thisable Luncurkan Platform Digital Khusus Penyandang Disabilitas


Faustinus Nua | Humaniora

MI/FAUSTINUS NUA
 MI/FAUSTINUS NUA
Founder sekaligus inisiator platform Thisable Forum Angkie Yudistia saat peluncuran Thisable Forum, Selasa (14/6).

DALAM upaya menyosialisasikan informasi seputar hak dan kewajiban penyandang disabilitas, Yayasan Thisable meluncurkan sebuah platform digital. Platform yang diberi nama Thisable Forum ini menjadi ruang diskusi, pertemuan dan silaturahmi digital bagi para penyandang disabilitas di Tanah Air.

"Untuk menjawab permasalahan seputar penyandang disabilitas, maka dari itu Thisable Forum hadir untuk membantu masyarakat agar dapat berkomunikasi dengan anggota dalam Thisable Forum, baik itu penyandang disabilitas dan juga ekosistem pendukungnya," kata Founder sekaligus inisiator platform Thisable Forum Angkie Yudistia, Selasa (14/6).

Angkie yang juga penyandang disabilitas ini menjelaskan Thisable Forum adalah sebuah platform digital pertama di Indonesia. Platform ini dapat diakses melalui www.thisableforum.com dan dirancang khusus untuk menciptakan ekosistem inklusif sesama penyandang disabilitas dan juga sistem pendukungnya.

Di dalam forum diskusi itu nantinya bisa digunakan untuk berbagi pengalaman ataupun bertukar cerita terkait penyandang disabilitas dengan anggota lainnya.

"Kalian nanti bisa bertukar informasi apa saja yang masih berkaitan dengan penyandang disabilitas, seperti berbagi informasi ketenagakerjaan, peningkatan kemampuan dan juga kegiatan pelatihan," tambah Angkie.

Baca juga: Menko PMK Tegaskan Hadirkan Pendidikan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas, Salah satunya RAN-PD

Staff Khusus Presiden itu menceritakan bahwa hadirnya forum diskusi ini dilatarbelakangi adanya hambatan informasi seputar penyandang disabilitas di masyarakat. Hal itu kemudian berdampak pada sulitnya mewujudkan Indonesia yang inklusif.

Menurutnya, penyandang disabilitas cenderung memiliki kerentanan yang tinggi untuk mengalami eksklusi. Eksklusi menghalangi atau menghambat individu dan komunitas dalam mendapatkan informasi. Dia pun berharap dengan forum diskusi itu bisa menjadi wadah yang tepat untuk mengurangi hambatan informasi mengenai penyandang disabilitas.

"Kita tahu kan kondisi di masyarakat saat ini, masih kita ketemukan penyandang disabilitas mendapat perlakuan yang tidak adil dan mengalami bullying, itu karena apa? Karena adanya hambatan informasi seputar penyandang disabilitas belum sepenuhnya dipahami oleh masyarakat, dan itu menjadi tugas kita bersama. Dengan adanya forum ini semoga hambatan yang dimaksud itu bisa berkurang," tutur Angkie.

Salah satu penyandang disabilitas, Rani Mei Lestari menyambut baik hadirnya platform digital tersebut. Platform khusus bagi penyandang disabilitas itu bisa menjadi wadah baru bagi mereka.

"Ya kalau menurut saya ini adalah sesuatu yang luar biasa sekali bisa menaungi dan mewadahi kebutuhan teman-teman disabilitas dari berbagai ragam. Karena semua ragam disabilitas di forum disabilitas ini bisa berkumpul dan memaksimalkan manfaatnya," kata dia.

Apalagi di era digital, para penyandang disabilitas pun harus melek digital. Mereka bisa memaksimalkan teknologi digital untuk mengembangkan usaha.

"Jadi semua bisa memaksimalkan apapun skill-nya kemampuannya gitu ya melalui digital ini. Dan tentunya untuk update informasi-informasi terbaru dan juga lebih ke wadah silaturahmi, saling mengenal satu sama lain, jarak dan waktu tidak lagi menjadi hambatan," tandasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT