13 June 2022, 20:54 WIB

Pengertian Ekosistem Antara Makhluk Hidup, Jenis, dan Contoh


Pierre Lavender | Humaniora

Antara/Jojon.
 Antara/Jojon.
Ekosistem laut.

EKOSISTEM adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Terdapat sejumlah komponen yang membentuk suatu ekosistem. Komponen pembentuk ekosistem berupa komponen tak hidup atau abiotik serta komponen hidup atau biotik.

Ekosistem darat

Pengertian ekosistem darat atau bioma adalah daerah yang punya sifat, iklim, serta tempat berkumpulnya sejumlah makhluk hidup dengan tingkat geografis yang serupa.

Adapun jenis-jenis ekosistem darat yaitu:

a. Ekosistem bioma gurun

Ekosistem ini terdapat di wilayah tropik yang berbatasan dengan padang rumput. Ekosistem padang rumput juga berada di daerah tropis hingga beriklim sedang.

b. Ekosistem hutan hujan tropis

Ekosistem ini terdapat di daerah yang punya iklim tropis seperti daerah atau negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa.

c. Ekosistem hutan gugur

Ekosistem ini berada di daerah yeng mengalami empat musim yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. 

d. Ekosistem taiga

Ekosistem taiga terletak di antara daerah yang memiliki iklim sub tropis dengan daerah beriklim kutub.

e. Ekosistem tundra

Ekosistem tundra berada di wilayah terdingin di bumi. Contohnya seperti Antartika yang umumnya tidak ada cahaya matahari selama musim dingin.

f. Ekosistem savana

Ekosistem savana atau sabana berupa padang rumput yang diselingi oleh sejumlah pohon. Ekosistem ini berada di wilayah yang mempunyai iklim tropis.

Ekosistem air

Pengertian ekosistem air adalah ekosistem yang komponen terbesarnya berupa air. Ekosistem air secara umum dapat dibedakan menjadi ekosistem air tawar dan air laut.

Adapun jenis-jenis ekosistem air yaitu:

a. Ekosistem air tawar

Ekosistem ini punya kadar garam yang sedikit dan bisa dibedakan berdasarkan keadaan air.

b. Ekosistem laut

Ekosistem laut memiliki kadar garam yang tinggi dan punya pergerakan air yang bisa dipengaruhi oleh arah angin.

c. Ekosistem estuary

Pengertian ekosistem estuary yaitu tempat bersatunya sungai dan laut. Estuari sering kali dibatasi oleh lempengan lumpur intertidal yang luas atau rawa garam.

d. Ekosistem pantai

Ekosistem ini letaknya berbatasan dengan ekosistem darat dengan daerah pasang surut. Dengan demikian, kondisi ekosistem ini sangat dipengaruhi oleh siklus harian pasang surut air laut.

e. Ekosistem sungai

Sungai merupakan suatu badan air yang mengalir menuju ke satu arah. Air sungai biasanya dingin, jernih, mengandung sedikit sedimen dan makanan.

f. Ekosistem terumbu karang

Pengertian ekosistem terumbu karang adalah daerah neritik yang perairannya masih bisa ditembus oleh matahari. Ekosistem ini juga sering kali ditumbuhi suatu komunitas khusus, semisal karang batu hingga sejumlah organisme tertentu.

g. Ekosistem laut dalam

Pengertian ekosistem laut dalam adalah laut yang memiliki kedalaman lebih dari 6.000 meter. Saking dalamnya, ekosistem ini tidak mendapatkan akses cahaya matahari yang cukup. Bahkan, sangat gelap karena berada di kedalaman laut.

Ekosistem buatan

Pengertian ekosistem buatan adalah ekosistem yang mendapat campur tangan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Ekosistem buatan juga bisa disebut sebagai ekosistem artifisial.

Pengertian ekosistem buatan lain juga mencakup ekosistem yang terbentuk dari aktivitas atau usaha manusia dalam pengelolaan atau untuk mengadakan perubahan terhadap lahan. Contoh ekosistem buatan meliputi sawah irigasi, hutan tanaman produksi, bendungan, hingga perkebunan sawit. (OL-14)

BERITA TERKAIT