13 June 2022, 15:50 WIB

Indonesia Raih Penghargaan Kependudukan dari PBB


Dinda Shabrina | Humaniora

Dok. MI
 Dok. MI
Warga melintasi mural Kampung KB di wilayah Bekasi, Jawa Barat.

INDONESIA meraih Penghargaan Kependudukan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) atau United Nations Population Award (UNPA).

Adapun Indonesia dinilai telah memberikan kontribusi yang luar biasa dan kesadaran terhadap isu kependudukan, serta solusi yang telah dilakukan.

Ini kali kedua bagi Indonesia meraih penghargaan dari Badan Kependudukan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Penghargaan serupa sebelumnya diterima Indonesia pada 33 tahun lalu, tepatnya pada Desember 1989.

Baca juga: Upaya Pencegahan Stunting dari Hulu kepada Calon Pengantin Digencarkan

Setiap tahun, UNPA memberikan Penghargaan Kependudukan kepada individu atau beberapa individu, atau kepada suatu institusi atau beberapa institusi, atau kepada kombinasi dari keduanya.

Penghargaan dari PBB ini diberikan secara institusi kepada Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Keberhasilan mendapatkan United Nations Population Award 2022, merupakan bukti bahwa pelaksanaan program KB dan kependudukan di Indonesia oleh BKKBN dan mitra mendapatkan dukungan Internasional.

Baca juga: Kepala BKKBN: Pemberian Makanan Tambahan Perlu Tepat Sasaran

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan Penghargaan Kependudukan dari PBB (UNPA) merupakan buah dari usaha keras dan dukungan kerja sama antar lembaga pemerintah. Menurutnya, BKKBN berhasil menerapkan program Keluarga Berencana (KB).

Angka kelahiran berhasil diturunkan secara tajam, dari 5,6 menjadi 2,2 kelahiran per perempuan selama 1970 hingga 2000. Penurunan angka kelahiran memperlambat laju pertumbuhan penduduk dan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik.

"Kualitas pelayanan publik, seperti pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur. Sehingga meningkatkan standard hidup masyarakat," imbuh Hasto.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT