12 June 2022, 19:17 WIB

Legislator Jatim Nilai Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Sentuh Pelosok Pedesaan


Mediaindonesia.com | Humaniora

MI/ HO
 MI/ HO
Anggota DPRD Jawa Timur Hikmah Bafaqih

PEMBANGUNAN kesehatan di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai telah menyentuh hingga ke pedesaan. Hal itu sebagai langkah melindungi kesehatan masyarakat terutama di tengah kondisi pandemi Covid 19 yang masih melanda. 

Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Hikmah Bafaqih mengatakan, fokus Jokowi dengan mendorong realisasi penguatan infrastruktur kesehatan merupakan langkah tepat. Lantaran hal itu menjadi kebutuhan yang dinantikan masyarakat. 

Terutama, tambah dia,  infrastruktur kesehatan yang berupa pembangunan fisik semisal rumah sakit, puskesmas, klinik, hingga apotik. Manfaat keberadaannya terus dikembangkan meski sudah bisa dinikmati banyak masyarakat.

"Saya pikir sekarang infrastruktur fisik itu yang perlu dikembanhkan itu yang di pelosok. Layaanan untuk yang dikepulauan kalau yang ada di dalam kota," kata Hikmah, Minggu (12/6).

Ia menambahkan, pembangunan infrasturktur kesehatan itu terbagi ke dalam dua bagian inti. Pertama menyoal pembangunan fisik dan kedua Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini semisal tenaga kesehatan

Menurut dia kedua komponen tersebut merupakan alat vital yang saling berketerkaitan satu sama lain. Artinya, tambah dia, keberadaannya harus saling beriringan sehingga dapoat mengjasilakn manfaat yang optimal bagi masyarakat. 

"Infrastruktur kesehata ada dua maknanya satu fisik dan kedua sdm. Untuk yang fisik relatif kehadirannya ada," papar Hikmah.

Dia berharap kemajuan yang sudah ada saat ini, pemerintah dapat terus mengawal progres perkembangan pembangunan infrastruktur kesehatan. Sehingga jumlahnya semakin meningkat demi memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Yang kedua yakni infrastruktur SDM kesehatan. Ini yang harus terus selalu dikuati, dari sisi jumlah maupun kualitas," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT