09 June 2022, 18:34 WIB

Luhut : Jangan Buru-Buru Beralih ke Endemi


Mediaindonesia | Humaniora

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Sejumlah warga melintasi zebra cross di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta.

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Maves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, kasus covid-19 di Tanah Air tengah naik kembali hingga 500 kasus.

Ia menyebut, agar peralihan dari pandemi menjadi endemi tidak tergesa-gesa melihat kasus covid-19 melonjak dalam tiga hari terakhir.

"Kita tidak boleh buru-buru dengan (endemi) ini. Tiga hari terakhir ini naik sudah 500 kasus, tadinya 300-200 gitu," kata dia di Kompleks Senayan, Kamis (9/6)

Menko Marves menuturkan, ada kenaikan dari positivity rate atau persentase kasus positif, dari 0,5-0,8% menjadi 1%.

Memang angka ini masih di bawah standar badan kesehatan dunia (WHO) yang menetapkan angka dibawah 5% sebagai tolak ukur terkendalinya pandemi.

'Tapi lihat angka tiga hari bertutur-turut di atas 500, saya cukup khawatir. Karena positivity rate tadi pagi saya lihat sudah 1," ucapnya.

Baca juga: 9 Juni, 62 Ribu Orang Terima Vaksin Covid-19 Dosis Kedua

Luhut berujar, perkembangan pandemi covid-19 akan terus dipantau dan diperkirakan dalam dua bulan ke depan, status pandemi bisa beralih ke endemi jika tidak ada kenaikan kasus yang signifikan.

Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat agar tetap memproteksi dengan protokol kesehatan, meski ada pelonggaran aktivitas

"Memang kasus covid-19 ini susah diramalkan. "Kita semua harus kompak menghadapi pandemi ini, karena tidak bisa berlama-lama juga terus begini," pungkasnya.

Kasus covid-19 di Indonesia bertambah 556 pada Kamis (9/6). Total kasus konfirmasi positif di Indonesia mencapai 6.058.736.

Sementara itu, kasus aktif bertambah 139 sehingga menjadi 4.061 orang. Covid-19 telah tersebar ke 34 provinsi dan 510 kabupaten/kota. (OL-4)

BERITA TERKAIT