09 June 2022, 16:55 WIB

Menkominfo dan APJII Bakal Memaksimalkan Pertumbuhan Penggunaan Internet di Tanah Air


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
 Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate

ASOSIASI Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal memaksimalkan pertumbuhan internet di Indonesia. Penggunaan internet yang terus meningkat membuat APJII dan Kominfo wajib menyediakan jaringan baik untuk masyarakat.

"Pertumbuhan ini sangat fantastis. Sebelum pandemi angkanya hanya 175 juta, saat ini data terbaru APJII sekitar 220 juta. Tentunya efek pandemi ini sangat membawa dampak signifikan penggunaan internet di Indonesia," kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif di Jakarta, Kamis (9/6).

Arif mengatakan memaksimalkan pertumbuhan internet juga bisa mendongkrak ekonomi digital di Indonesia. Saat ini, banyak masyarakat yang sudah melakukan transaksi perdagangan di dunia digital.

"Kita sudah melihat contohnya selama ini salah satunya disrupsi teknologi pada masa pandemi video conference, e-learning, video streaming, e-commerce dan lain-lainnya," ujar Arif.

Arif juga berharap pertumbuhan internet yang bakal dimaksimalkan ini bisa memaksimalkan transformasi digital di Indonesia. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 diharap menjadi momen untuk memaksimalkan pertumbuhan internet dan meningkatkan transformasi digital Indonesia.

"APJII sangat mengapresiasi dan berharap besar pada fokus Presidensi G20 Indonesia pada bidang-bidang yang saat ini menjadi megatrend ekonomi termasuk di dalamnya digitalisasi yang menjadi pokok bahasan dalam Presidensi G20," tutur Arif.

Baca juga: Kehadiran Teknologi Internet Munculkan Kematian Hak Cipta

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pemaksimalan pertumbuhan internet di Indonesia merupakan hal wajib saat ini. Pasalnya, Indonesia tengah memasuki era kedaulatan digital.

Atas dasar itulah Johnny ingin memaksimalkan pertumbuhan internet di Indonesia. Pertumbuhan internet yang bagus diyakini bisa mempercepat transformasi digital di Indonesia.

"Transformasi digital ini bermanfaat untuk semua, benefit for all, kita memasuki era baru, era kedaulatan digital," tutur Johnny.

Pemerintah bakal memaksimalkan infrastruktur digital untuk membantu pertumbuhan internet di Indonesia. Salah satunya yakni membangun jaringan kabel optik di seluruh wilayah Indonesia.

"Kita masih menyambung titik yang belum terhubung, pemerintah akan menghubungkan kembali, masih ada 12 ribu kilometer fiber optik yang harus digelar di darat dan di laut," ujar Johnny.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menyebut pandemi covid-19 merupakan momen paling pas untuk memaksimalkan pertumbuhan internet di Indonesia. Pasalnya, pandemi telah membuat masyarakat melek teknologi digital. Dia harap dalam dua tahun ke depan seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses internet.

"Jadi ini target kita berikutnya agar hak-hak atas informasi yang termasuk dalam undang-undang dasar bisa dirasakan oleh seluruh penduduk di Indonesia," ucap Meutya. (A-2)

 

BERITA TERKAIT