09 June 2022, 15:47 WIB

Moeldoko: Sorgum Punya Potensi Besar


Andhika Prasetyo | Humaniora

ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
 ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin
Petani menunjukkan sorgum yang baru saja dipanen

KEPALA Staf Kepresidenan Moeldoko meyakini sorgum memiliki potensi besar untuk dikembangkan secara industri. Sebagai salah satu sumber pangan sehat, tanaman yang juga dikenal dengan nama cantel itu bisa menjadi pengganti gandum, penghasil gula, pakan ternak, bahkan energi bio diesel.

"Sorgum dapat menjadi solusi dari masalah pangan di tengah perubahan iklim dan perang Ukraina Rusia," ujar Moeldoko melalui keterangan resmi, Kamis (9/6).

Sayangnya, lanjut dia, hingga kini, sorgum masih dikelola secara tradisional untuk memenuhi kebutuhan pangan rumahan saja. Belum ada pihak yang mengembangkan komoditas tersebut sehingga nilai ekonomi yang dihasilkan pun tidak besar.

"Akhirnya, petani enggan untuk menanam dan mengembangkannya. Padahal sorgum punya nilai yang besar jika kita mengelolanya dengan benar," tutur mantan panglima TNI itu.

Baca juga: Kementan Dukung Pulau Sumba Jadi Lumbung Sorgum Nasional

Ia menilai kehadiran Presiden Joko Widodo pada panen sorgum di Waingapu, Sumba Timur, NTT, Kamis (2/6) lalu, telah menggugah kesadaran semua pemangku kepentingan akan pentingnya sorgum untuk dikembangkan dan diangkat menjadi sumber makanan alternatif.

"Ini tidak hanya akan memperkuat cadangan pangan nasional, tapi juga menjadi komoditas layak jual di pasar global," jelasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT