09 June 2022, 13:22 WIB

2 Jemaah Haji yang Sakit Masih Dirawat di KKHI


Dinda Shabrina | Humaniora

MI/Susanto
 MI/Susanto
Petugas Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) merawat pasien jemaah haji di Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah aibat cuaca panas

SEKRETARIS Direktorat Jendral Penyelenggaraan Haji dan Umrah Ahmad Abdullah menyampaikan 2 jemaah haji yang sakit sejak beberapa hari yang lalu masih dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

Diketahui, satu jemaah mengalami penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). Sementara, satu lagi mengalami luka bakar pada telapak kakinya akibat cuaca panas di Arab Saudi.

“Kami selalu mengimbau kepada jemaah agar membatasi aktivitas di luar ruangan. Apabila jemaah haji ke luar ruangan, agar melengkapi dengan alat pelindung diri dan memakai alas kaki,” kata Ahmad dalam konferensi pers Media Center Haji PPIH Pusat, Kamis (9/6).

Baca juga:  Suhu Saudi Panas, ini Saran Kemenag bagi Jemaah Haji

Ahmad mengungkapkan kondisi cuaca di Arab Saudi saat ini mencapai suhu tertinggi 44 derajat dan terasa lebih panas sekitar 46 derajat pada siang hari. Sementara suhu terendah 33 derajat pada dini hari.

Melihat kondisi cuaca yang begitu panas, selain diingatkan untuk membatasi aktivitas di luar ruangan. Jemaah juga diminta untuk mengonsumsi vitamin serta minum air yang cukup.

“Jemaah haji tetap diimbau jangan menunggu haus untuk minum, jadi walaupun tidak haus harus tetap minum. Karena cuaca yang ada di sana berbeda dengan di Tanah Air. Kemudian jangan lupa mengonsumsi vitamin dan menjaga kesehatan dengan makan tepat waktu dan istirahat yang cukup,” tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT