07 June 2022, 13:36 WIB

Tes PCR Positif, Keberangkatan 22 Jemaah Haji Tertunda


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

Antara
 Antara
Jemaah calon haji menunggu keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

SEDIKITNYA 22 jemaah haji 1443H/2022M ditunda keberangkatannya, karena hasil tes PCR menunjukkan hasil positif covid-19.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Indonesia Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Budi Sylvana mengatakan berdasarkan evaluasi 3 hari keberangkatan, terdapat 3 orang jemaah dengan hasil tes PCR positif.

Lalu, 22 orang jemaah yang keberangkatannya ditunda karena PCR positif. "Namun, alhamdulillah dari 22 jemaah tersebut 13 orang sudah diberangkatkan. Tersisa 9 jemaah lagi yang masih harus ditunda keberangkatannya," ujar Budi dalam konferensi pers daring, Selasa (7/6).

Baca juga: Calon Haji Diingatkan Konsumsi Air Secara Rutin Setiap 2-3 Jam

Kemenkes mengimbau jika jemaah ingin mengadakan Walimatul Safar, sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum keberangkatan. Sehingga, saat menjelang keberangkatan, jemaah haji lebih membatasi kegiatan dan fokus persiapan menuju Tanah Suci.

"Kami juga mengimbau agar jemaah haji tidak bepergian ke tempat umum, bila tidak dibutuhkan," imbuh Budi.

Pemerintah mengimbau kepada guru dan ulama di daerah, serta masyarakat yang ingin berangkat haji, tentang pentingnya menjaga kesehatan sebelum dan saat berada di Arab Saudi. Sehingga, pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT