03 June 2022, 22:11 WIB

Destinasi Wisata Super Prioritas Mulai Diburu Wisatawan


mediaindonesia.com | Humaniora

ANTARA FOTO/Anis Efizudin
 ANTARA FOTO/Anis Efizudin
Sejumlah pengunjung berwisata di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jateng.

SEMANGAT t berwisata masyarakat Indonesia masih menyala. Momen Lebaran 2022 menjadi salah satu momen kebangkitan industri pariwisata Tanah Air, setelah terdampak pandemi covid-19 selama dua tahun.

Masyarakat pun kembali antusias melakukan perjalanan mudik dan mengunjungi banyak tempat wisata, terlebih situasi pandemi sudah semakin terkendali sehingga pemerintah telah melonggarkan sejumlah syarat perjalanan.

Semangat berwisata tersebut juga terlihat di lifestyle superapp Traveloka selama periode libur Lebaran, tepatnya dari April hingga Mei 2022,

“Kami melihat minat masyarakat untuk traveling mulai kembali dengan dibukanya beragam destinasi wisata di Tanah Air termasuk Destinasi Super Prioritas," kata kata Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer (CMO) Traveloka dalam keterangan pers, Jumat (3/6).

Baca juga:  Kunjungan Wisman ke Jakarta Naik 54,6 Persen Pada April

"Banyak dari pengguna Traveloka melakukan perjalanan liburan bersama keluarga atau grup, dan tak sedikit yang bepergian sebagai solo traveler," katanya.

Antusiasme ini terefleksi pada meningkatnya jumlah pemesanan akomodasi dan transportasi di Traveloka. Terlebih dari itu, menyambut dibukanya kembali destinasi wisata,

"Traveloka juga turut berperan aktif dalam mempromosikan Destinasi Super Prioritas melalui ragam konten inspirasional hingga program promosi untuk semakin memudahkan konsumen merencanakan perjalanannya, baik menjelajah Destinasi Super Prioritas maupun melihat beragam destinasi lainnya lagi,” jelas Shirley.

Traveloka mencatat peningkatan pemesanan hotel dan holiday stays naik dua kali lipat pada bulan April hingga Mei 2022 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2021.

Minat konsumen untuk bepergian dan traveling juga terlihat dari besarnya kenaikan pemesanan tiket transportasi yakni tiket kereta api, bus dan shuttle hingga tiket pesawat dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Sama seperti kebanyakan tempat wisata, 5 destinasi super prioritas di Indonesia ikut terkena dampak positifnya.

Salah satunya Yogyakarta yang terkenal dengan keindahan wisata candinya menjadi destinasi domestik paling favorit pengguna selama periode April - Mei tahun ini.

Lima destinasi super prioritas adalah Candi Borobudur, Jawa Tengah, Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Danau Toba, Sumatera Utara, dan Likupang, Sulawesi Utara. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT