03 June 2022, 19:04 WIB

Organisasi Mahasiswa Hukum Asia Siap Kontribusi untuk Masyarakat


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Alumni Society of ALSA sukses melaksanakan Pra-Musyawarah Nasional (Pramunas) pertama.

ALUMNI Society of ALSA (yang selanjutnya disebut “ASA”) yang diwakili para caretaker dan representative team yang mewakili 14 universitas negeri di Indonesia berhasil melaksanakan Pra-Musyawarah Nasional (Pramunas) Pertama pada 28 -29 Mei 2022.

ASA yang merupakan perkumpulan dari alumni sebuah organisasi kemahasiswaan hukum berskala internasional bernama Asian Law Student Association atau ALSA.

ALSA merupakan organisasi mahasiswa hukum yang saat ini beranggotakan 14 chapter dari 14 universitas negeri di seluruh Indonesia antara lain UI, Unpad, UGM, Undip, Unair, UB, UJ, Unsoed, Unud, USK, Unsri, Unand, Unhas, dan Unsrat

Sebelum Pramunas dilaksanakan, ASA telah menetapkan caretaker (pengurus sementara) dan beberapa representative di tahun 2021.

Dalam keterangan pers, Jumat (3/6), Ketua Umum Caretaker ASA Sonia Ramadhani Syukur, menyatakan,“Saat ini ada lebih dari 10.000 Alumni ALSA yang tersebar di seluruh Indonesia.'

Baca juga: Bahtiar Didaulat Jadi Anggota Dewan Kehormatan Ikaunhas

"Pendirian ASA memiliki tujuan sebagai wadah untuk berjejaring para alumni ALSA tersebut sekaligus untuk memberikan dampak lebih besar atas kontribusi alumni ALSA kepada organisasi ALSA itu sendiri dan masyarakat luas,” jelasnya. 

Sonia juga menerangkan penunjukan caretaker ASA sebagai pengurus sementara hingga tercapainya Musyawarah Nasional (Munas) dan terpilihnya Ketua Umum definitif ASA Pertama dengan diawali pelaksanaan Pramunas terlebih dahulu.

"Jadi Pramunas ini kan merupakan salah satu program kerja Caretaker ASA. Dalam caretaker selain saya ada juga perwakilan alumni lainnya di antaranya  R.M. Nasatya Danisworo (Bidang Internal) Muhamad Philosophi (Bidang Eksternal) Johan Imanuel (Bidang Hukum) Mohammad Fajar Mahardika (Bidang Kesekretariatan) dan Bryan Joshua De Sandre (Bidang Keuangan)," paparnya. 

"Kami juga telah melaksanakan rangkaian acara sebelum diadakannya Pramunas ini antara lain membuka Webinar Hukum terkait Perlindungan Konsumen, ASA Hearing di 14 universitas negeri Chapter ALSA, Fun Activity seperti Basketball Competition dan Donasi ASA," ujar Sonia

Sementara itu, Caretaker Bidang Internal, R.M. Nasatya Danisworo mengungkapkan “Pramunas ASA ini merupakan acara pembuka dan sebagai gerbang musyawarah dengan para alumni yang akan menjadi member ASA sebelum dilaksanakannya Musyawarah Nasional (Munas) Pertama ASA."

"Seain itu memilih Ketua Umum definitif Pertama ASA. dan pihaknya sudah mempersiapkan diri sejak dua pekan yang lalu dengan membentuk panitia penyelenggara Pramunas ASA yang dibantu Pengurus National Board ALSA periode 2022-2023."

"Pramunas yang telah dihadiri lebih dari 40 alumni representative dari 14 chapter baik secara offlne di Natrabu Minang Restaurant Sabang dan secara online melalui zoom telah mencapai beberapa kesepakatan terutama terkait draft Anggaran Dasar, Tata Tertib, Kategori pencalonan Ketua Umum definitif ASA dan Dewan Pembina," tutup Nasyat.

Untuk diketahui, program besar selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah Munas ASA pertama pada bulan Agustus sebagai tindak lanjut Pramunas yuntuk menetapkan AD ART, tata tertib organisasi dan pemilihan ketua umum definitif ASA yang pertama.(RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT