01 June 2022, 13:35 WIB

Mengenang Sang Proklamator dari Rumah Pengasingan


Andhika Prasetyo | Humaniora

wikimedia.org
 wikimedia.org
Ilustrasi Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pagi hari di tanah kelahiran Pancasila, Presiden Joko Widodo berkunjung ke salah satu tempat yang menjadi bagian penting dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jejak perjuangan Sang Proklamator masih terlukis jelas di setiap sudut bangunan tersebut.

Ada begitu banyak barang-barang peninggalan Bung Karno bersama keluarga selama diasingkan, seperti lukisan tangan dan naskah drama sandiwara yang dibuat sendiri oleh presiden RI pertama.

Baca juga: Mengenang Sang Proklamator dari Rumah Pengasingan

"Di tempat yang sangat bersejarah ini, Bung Karno, bapak pendiri bangsa, merenungkan dan merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan sebagai dasar negara," ujar Jokowi, bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Rabu (1/6).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjelaskan bahwa saat diasingkan, Bung Karno pernah menyebut Rumah Pengasingan itu sebagai ujung dunia.

Bagaimana tidak, tempat tersebut sangat jauh dari lokasi perjuangan di mana semestinya Bung Karno saat itu berada.

Baca juga: Merestorasi Jejak Bung Karno di Sumatra Utara

Namun, dengan semangat dan cinta terhadap Tanah Air yang begitu besar, Bung Karno mampu mengubah situasi kelam itu menjadi momentum kunci dalam memerdekakan Indonesia.

"Di situlah beliau bisa memanfaatkan diri dari situasi yang sangat menekan. Itu menjadi semangat pembebas. Oleh karena itu, Ende ini menjadi salah satu titik utama dalam perjalanan Bung Karno, Pancasila, dan akhirnya kemerdekaan," ucap Yudian.

Adapun, Syarifudin, juru pelihara tempat bersejarah tersebut mengaku sangat bersyukur dengan kehadiran Presiden Jokowi ke Rumah Pengasingan, terlebih tepat pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

"Saya merasa bangga dan bersyukur, tahun ini, Bapak Presiden sudah berkenan hadir di acara lahirnya Pancasila, di bumi lahirnya Pancasila, dan sempat berkunjung ke rumah presiden pertama kita yaitu Soekarno," tuturnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT