31 May 2022, 18:48 WIB

Saat Donasi, Ketua Ikapi Minta Anak Panti Semangat Belajar


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Ketua Umum Ikapi Oscar Sagita enggelar bakti sosial secara simultan di Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 5, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Ikatan Kurator dan Pengurus Indonesia (Ikapi) menggelar bakti sosial di kalangan panti asuhan yatim piatu sebagai rangkaian acara perayaan Idul Fitri.

Ikapi menggelar bakti sosial secara simultan di dua tempat yakni Panti Sosial Asuhan Anak Putra Utama 5, Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Yayasan Muslim Piatu, Pasar Senen, Jakarta Pusat.

"Sumbangan bakti sosial pada dua tempat tersebut diberikan kepada 200 anak yatim piatu, masing-masing tempat 100 orang. Sumbangan itu berupa sembako, makanan siap saji, uang tunai untuk panti dan anak yatim," kata Ketua Umum Ikapi Oscar Sagita, Selasa (31/5).

Melalui acara ini, Oscar berharap dalam jangka pendek dapat menikmati kebahagiaan.

"Apapun yang kita berikan itu, bisa diterima senang hati, baik penerima maupun yang memberi, dapat saling mengisi kebahagiaan," kata dia.

Namun, dalam jangka panjang, ia berharap bisa memberikan motivasi bagi anak-anak panti asuhan untuk semangat belajar dan mencari pengetahuan dan wawasan baru.

"Kebetulan saya juga tumbuh besar di kalangan panti, meskipun tidak di dalam panti, panti asuhan dari kecil sudah menjadi bagian saya," jelasnya.

Baca juga: Tak Hanya Pendidikan, Kiprah YAPI Turut Sehatkan Anak Bangsa

"Saya harap mereka tidak pernah berhenti belajar dan terus mengasah potensi yang ada, karena mereka juga bisa memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki taraf hidup yang baik. Dan, belajar tak hanya di dalam kelas, tapi juga bisa cari pengetahuan dan wawasan baru di luar kelas," urai Oscar.

Ketua Panitia Alamsyah Hamonangan Sinurat menambahkan dipilihnya panti asuhan untuk sumbangan bakti sosial kali ini karena setiap tahun tema perayaan Idul Fitri berbeda-beda.

"Tahun ini kebetulan kita pilih panti asuhan, namun setiap tahun tema bakti sosialnya bisa berubah-ubah, bisa juga nanti panti wreda," kata Alamsyah.

Alamsyah mengatakan acara sumbangan bakti kali ini merupakan rangkaian perayaan Idul Fitri.  "Puncak perayaan Idul Fitri yakni silaturahmi dan halal bihalal akan digelar pada Jumat (3/6) mendatang," tutupnya.

Ikapi merupakan suatu organisasi profesi kurator dan pengurus yang terdaftar pada Direktur Jenderal Bina Kesatuan Bangsa, Kemendagri, pada 6 Maret 2002.

Saat ini jumlah anggota Ikapi mencapai sekitar 1.500-an orang. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT