30 May 2022, 08:15 WIB

Produk Nutrisi Kesehatan Jantung Pertama di Indonesia Dirilis di Hari Lanjut Usia Nasional


Basuki Eka Purnama | Humaniora

MI/HO
 MI/HO
Acara bincang-bincang kesehatan yang digelar oleh Entrasol di Jakarta.

PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals), melalui Entrasol, brand nutrisi setiap hari untuk dewasa dan lansia dengan ekstrak buah zaitun, terus berkomitmen untuk melengkapi ekosistem kebutuhan dewasa dan lansia, melalui produk kesehatan, service, hingga edukasi. Hal itu dilakukan sebagai upaya menjadikan orang dewasa dan lansia tetap aktif dan fit, seiring bertambahnya usia. 

Dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2022, yang diperingati setiap 29 Mei, Entrasol mengadakan webinar ilmiah serta talkshow series yang mengedukasi ribuan masyarakat indonesia. Acara itu diselenggarakan bekerja sama dengan berbagai organisasi profesi serta puluhan komunitas dewasa dan lansia di Indonesia.

Mengangkat tema “Live Strong, Good Heart” pada perayaan hari ini, Entrasol Platinum hadir melengkapi ekosistem produk kesehatan untuk masyarakat Indonesia, melalui inovasi sebagai Nutrisi Kesehatan Jantung Pertama di Indonesia.

Baca juga: Kesadaran Masyarakat Indonesia Soal Gagal Jantung Masih Rendah

Business Unit Coordinator Adult Nutrition KALBE Nutritionals, Boy Sinaga, mengatakan, “Upaya pencegahan risiko penyakit jantung hingga penanganan penyakit jantung pada dewasa dan lansia tidak bisa berjalan sendiri. KALBE Nutritionals melalui Entrasol, memiliki misi menyediakan produk nutrisi terbaik, layanan, hingga komplit ekosistem dalam upaya menjadikan momen bertambahnya usia adalah momen terbaik." 

"Entrasol Platinum, diformulasikan khusus sebagai satu-satunya nutrisi tinggi protein yang mengandung ekstrak buah zaitun sehingga menjadikan Entrasol Platinum sebagai nutrisi untuk menjaga massa otot dan nutrisi kesehatan jantung pertama di Indonesia guna mewujudkan dewasa dan lansia yang aktif dan fit saat bertambahnya usia,” lanjutnya.

Boy menambahkan, “Entrasol Platinum merupakan bagian dari Ekosistem Entrasol yang dihadirkan untuk masyarakat Indonesia, melalui cek imunitas, massa otot, cek risiko jantung hingga modul olahraga 30 Minutes Everyday yang bisa dipraktikkan setiap harinya. Diharapkan upaya ini bisa membuat orang dewasa, lansia, dan masyarakat lainnya bisa Live Strong, with Good Heart bersama Entrasol setiap hari.”

Hingga saat ini, penyakit kardiovaskular atau jantung, tercatat sebagai penyebab kematian nomor satu di dunia. Pada saat yang sama, penyakit jantung juga merupakan penyebab kematian terbesar di Indonesia. 

Tercatat pada 2008, 15 dari 1.000 orang di Indonesia menderita penyakit jantung dan diperkirakan penderita penyakit jantung di Indonesia jumlahnya akan mencapai 6 juta orang pada 2024. 

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Badai Bhatara Tiksnadi mengatakan, “Di Hari Lanjut Usia Nasional ini, penting bagi kita untuk menyadari bahwa seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga mengalami penurunan termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya. Penyakit jantung merupakan ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia." 

"Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, lebih dari 8.9 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Riskesdas di Indonesia pada 2018 menunjukkan bahwa populasi orang di atas 65 tahun yang mempunyai sakit jantung sebesar 4.6%.  Kunci agar terhindar dari penyakit jantung, adalah Perilaku Hidup Sehat (CERDIK)  yaitu : Cek kesehatan teratur, Enyahkan rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kendalikan Stress," papar Badai.

Antonius Andi Kurniawan, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga juga menambahkan hal lain yang perlu diperhatikan  agar tetap aktif dan fit saat bertambahnya usia adalah olahraga secara teratur. 

“Olahraga, jantung, dan massa otot adalah tiga hal yang saling berkaitan satu sama lain. Olahraga merupakan salah satu kunci yang harus diutamakan juga selain nutrisi agar tetap aktif dan fit untuk menjaga kualitas hidup lansia. Olahraga cukup dilakukan selama 30 menit setiap harinya, di mana kombinasi gerakannya dapat mencakup pemanasan, latihan fleksibilitas, latihan kardio atau jantung, latihan kekuatan otot dan keseimbangan,” ungkap Andi.

Dokter Spesialis Gizi Klinik Cindiawaty Josito Pudjiadi mengatakan, “Ekosistem yang lengkap dimulai dari adanya pemeriksaan kesehatan hingga pemilihan nutrisi yang tepat merupakan hal yang perlu diperhatikan untuk mendukung proses penuaan  agar tetap aktif dan fit. Nutrisi dengan kandungan tinggi protein serta ekstrak buah zaitun merupakan salah satu nutrisi tepat untuk membantu menjaga massa otot dan kesehatan jantung."  

"Hydroxytyrosol yang terkandung di dalam buah zaitun dapat membantu mencegah terbentuknya plak aterotrombotik akibat radikal bebas; yang menjadi penyebab utama dari penyakit jantung, ataupun gangguan pada pembuluh darah perifer juga menjaga kelancaran peredaran darah. Tentunya dapat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh kita, terutama kesehatan jantung dan pembuluh darah dari paparan radikal bebas. Di samping itu jangan lupa tetap perhatikan pola hidup sehat dan rajin berolahraga,” imbuhnya

Entrasol Platinum dilengkapi dengan Pro-Fit Advance Formula, dengan kandungan nutrisi tinggi protein, tinggi serat, Omega 3 & 6, rendah laktosa serta lebih rendah gula. 

Selain itu, Entrasol Platinum juga mengandung ekstrak buah zaitun, yang merupakan antioksidan alami dengan zat aktif yang disebut Hydroxytyrosol. 

”Indonesia kini mulai memasuki periode yang disebut aging population, yakni peningkatan jumlah penduduk lansia. Tercatat, jumlah penduduk lansia pada 2020 mencapai 16 juta jiwa atau setara dengan 5,95% dari total penduduk Indonesia . Menghadapi situasi ini, kita secara bersama-sama perlu memperhatikan kebutuhan mereka, sehingga dewasa dan lansia bisa tetap aktif dan fit dalam aktivitas sehari-hari. Dengan edukasi yang dilakukan Entrasol, serta melalui komplit ekosistem, diharapkan kualitas hidup lansia bisa ditingkatkan,” tutup Boy Sinaga. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT