29 May 2022, 20:15 WIB

HUAAI Jadi Pilot Project Ikatan Alumnni Hiroshima University Berbasis Negara


Mediaindonesia.com | Humaniora

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi alumni Perguruan tinggi

IKATAN Alumni Universitas Hiroshima atau HUAAI (Hiroshima University Alumni Association Indonesia Chapter resmi dibentuk. HUAAI merupakan ikatan alumni pertama yang dibentuk atau sebagai proyek percontohan Hiroshima University berdasarkan negara.

Sebagai keynote speakers pada peresmian ini adalah Presiden Universitas Hiroshima, Prof . Dr. Mitsuo Ochi, Kepala BRIN, Dr. Handoko, Bapak Ginanjar Kartasasmita selaku dewan penasehat khusus Universitas Hiroshima, Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masami Tamura, dan Presiden dan CEO Sumitomo Corporation Asia dan Oceania Pte. Ltd. 

President Universitas Hroshima Mitsuo Ochi mengatakan, dibentuknya ikatan alumni itu ditujukan untuk lebih aktif dalam kolaborasi antara akademia, pemerintah dan industri antara Indonesia dan Jepang.  

Dewan Penasehat Khusus Universitas Hiroshima Ginanjar Kartasasmita juga turur  mengucapkan selamat. 

"HUAAI dapat memperkuat posisi alumni Universitas Hiroshima di Indonesia dalam pembangunan Indonesia," katanya dalam keterangan tertulis.

Duta besar Jepang untuk Indonesia Masami tamura juga mengatakan, HUAAI akan memperkuat Kerja sama antara Jepang dan Indonesia. 

Perdana Menteri periode 2007-2008, Yasuo Fukuda juga menyampaikan pesan dengan dibentuknya HUAA Indonesia Chapter tidak hanya memperkuat hubungan antar alumni tetapi juga adanya kolaborasi dengan dunia luar universitas untuk menghadapi tantangan dan menciptakan nilai baru. 

"Menuju pada penyelesaian permasalahan social di kedua negara dan bermanfaat bagi generasi mendatang dan meningkatkan hubungan bilateral pada era baru," ujarnya.

Baca juga : Cuaca Jakarta Kerap Berubah, FEO: Balap Formula E Disetop Saat Hujan Lebat

Wakil Presiden Universitas Hiroshima Shinji Kaneko mangatakan, saat ini jumlah alumni Hiroshima University di Indonesia berjumlah lebih dari 1.000 orang, dan sampai dengan 2019 sudah mencapai 904 mahasiswa Indonesia yang menyelesaikan sekolahnya di kampus Hiroshima University. 

Menurut Ketua Alumni Hiroshima University di Indonesia Siti Maimunah yang saat ini menjabat Direktur Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan, terdapat empat tujuan utama dibentuknya HUAAI. Pertama, ontribusi terhadap pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) manusia dan masyarakat di Indonesia, dan memberika kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan global.

Kedua, fokus pada kolaborasi industri-pemerintah-akademisi baru untuk inovasi dan pengembangan sumber daya manusia antara Jepang dan Indonesia; Ketiga, meningkatkan kesejahteraan alumni Indonesia dan pemangku kepentingan Universitas Hiroshima;

'Keempat, dukungan jangka panjang dan berkelanjutan untuk pengembangan Universitas Hiroshima," ujarnya.

Menurut Siti, dengan terbentuknya ikatan alumni ini, diharapkan terbentuk Global Joint Research Laboratory dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, energi, lingkungan, bahasa, budaya dan kolaborasi lainnya, dengan menggandeng perguruan tinggi di Indonesia dimana banyak alumni Hiroshima University yang juga bekerja pada perguruan tinggi seperti UI, ITB, IPB, Unhas, Unair serta perguruan tinggi lainnya.  

Sebagai informasi, HUAAI telah melaksanakan kolaborasi dengan PT. Sumitomo Indonesia, kedepan melalui kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, tentunya diharapkan tujuan dibentuknya HUAAI akan tercapai.  

"Dengan jumlah alumni yang saat ini lebih dari 1000 orang, tentunya jejaring antar alumni akan sangat kuat sehingga program kegiatan kedepan akan menjadi sangat penting untuk dapat mendukung pengembangan inovasi dan pembangunan sumber daya manusia Indonesia dan Jepang," pungkas Siti. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT