27 May 2022, 10:52 WIB

Dikukuhkan, Presidium Himpuni Siap Berperan Aktif di G20 dan Think 20


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Pelantikan Presidium, Badan Eksekutif dan Badan Pekerja Himpuni di Damai Indah Golf, Penjaringan, Jakarta.

MELALUI sustainable programs, Organisasi Alumni dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terhimpun dalam Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni), akan berperan aktif mensukseskan perhelatan G20 dan Think 20 (T20).

Tak hanya itu, pengembangan potensi dari para alumni juga akan terus dilakukan. Salah satunya bekerja sama dengan Kementerian BUMN, terkhusus bagi para alumni yang ingin meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

"Himpuni akan terus mengambil bagian dalam membangun bangsa. Kontribusi nyata akan terus kita berikan, baik berupa sumbangsih pemikiran maupun karya-karya konkrit ditengah masyarakat," kata Sutopo Kristanto. Koordinator Presidium Himpuni periode 2022-2025, dalam keterangan pers, Jumat (27/5).

Sutopo Kristanto yang juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) telah didukuhkan menjadi Koordinator Presidium Himpuni periode 2022-2025 bersamaan dengan pelantikan Badan Eksekutif dan Badan Pekerja Himpuni di Damai Indah Golf, Penjaringan, Jakarta, Rabu (26/5) malam.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PTNBH Maksimum 50%

Hal lain yang juga mendapat perhatian dari Himpuni adalah bagaimana membangun jejaring para alumni lintas perguruan tinggi negeri secara lebih konkret, baik dalam aspek bisnis maupun sosial.

"Himpuni memiliki potensi besar, sehingga melalui jejaring yang meluas diharapkan mampu mendukung stabilitas bangsa," tambah Ketua Badan Eksekutif Himpuni Suherman yang juga Sekjen IKA UNJ ini.

Sementara itu, Akhmad Muqowam Ketua Umum IKA Undip dan anggota Presidium Himpuni mengatakan, dengan ikatan batin yang kuat antar-sesama alumni PTN, akan dapat menciptakan peluang-peluang baru yang bisa menjadi pilot project di negeri ini.

Di sisi lain, Himpuni berkomitmen untuk berperan serta aktif dalam penyelenggaraan G20 dan T20. "Himpuni akan mengambil bagian dalam G20 dan T20 nanti," kata Irawati Hermawan, Sekretaris Jenderal Presidium HIMPUNI dan Ketua Umum IKA Unpad.

Bagi Irawati, melalui Think 20 (T20) diharapkan bisa menghasilkan rekomendasi-rekomendasi penting yang akan digunakan di forum G20. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT