24 May 2022, 15:58 WIB

Kimia Farma Diagnostika Luncurkan Layanan Kesehatan Terbaru


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
PT Kimia Farma Diagnostika dalam hal ini menerima 2 penghargaan rekor dari MURI.

PT Kimia Farma Diagnostika (KFD), cucu usaha PT Kimia Farma Tbk, menggelar acara bertema Extravaganza Kimia Farma Diagnostika untuk Indonesia "Terdepan, Terbesar dan Terpercaya”, di Kantor Pusat PT KFD, di Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Hadir pada acara itu, Asisten Deputi Bidang Industri Kesehatan Kementerian BUMN yang diwakili Penatakelola Perusahaan Negara Muda Wilma Darwin, Direktur Transformasi dan Digital PT Bio Farma (Persero) Soleh Ayubi, Direktur Sumber Daya Manusia PT Kimia Farma Tbk Dharma Syahputra, Direktur Utama PT Kimia Farma Apotek Nurtjahjo Walujo Wibowo, Direktur Operasional PT Kimia Farma Apotek Abdul Azis, dan Direktur Pengembangan Bisnis PT Kimia Farma Apotek Muhardiman.

Juga hadir jajaran komisaris dan direksi PT Kimia Farma Diagnostika yakni Komisaris Utama PT Kimia Farma Diagnostika Retno Sumekar, Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Ardhy Nugrahanto Wokas, Direktur Operasional PT Kimia Farma Diagnostika Winastanto Wibowo, Direktur Keuangan, SDM dan Umum Muhammad Yushar, Direktur Utama Yayasan Kesehatan Telkom Tri Priyo Anggoro, Direktur Layanan Kesehatan Yayasan Kesehatan Telkom M Sunny Arifianto, Ketua Departemen Pelayanan DPP PPNI Dr Sigit Mulyono S.Kp, MN, dan Direktur Utama Yayasan Kesejahteraan Keluarga Kimia Farma (YKKKF) Usep Hendrawien.

Baca juga: Aplikasi Kesehatan Kimia Farma Mudahkan Pemudik Saat Perjalanan 

Rangkaian acara meliputi penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dan perjanjian kerja sama (PKS) antara PT KFD dan mitra yakni Yayasan Kesehatan Telkom, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), YKKKF, PT Latifa Bumi Berdaya, PT Estetindo Global Indonesia dan PT Jaring Synergi Mandiri (JSM).

Dengan penandatanganan MoU dan PKS ini diharapkan dapat memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara menyeluruh.

Direktur Utama PT Kimia Farma Diagnostika Ardhy Nugrahanto Wokas menyampaikan pada kesempatan itu juga diluncurkan produk layanan sebagai bentuk berkontribusi dalam pemulihan perekonomian nasional dan meningkatkan pelayanan berkualitas. 

Adapun produk layanan yang dil-aunching yakni, layanan reservasi online, telesales serta layanan home care. Layanan reservasi online dan telesales akan menghubungkan secara langsung dengan pelanggan melalui nomor 0804-1-898-898.

Aktivitas layanan telesales ini akan berfokus dalam merespons segala keinginan atau kebutuhan customer (inbound) dan melakukan service after sales (outbond) kepada pelanggan.

"Adapun untuk produk layanan home care, PT Kimia Farma Diagnostika menyediakan layanan di 48 titik seluruh Indonesia," jelas Ardhy.

"Pelayanan ini diharapkan dapat memudahkan customer mendapatkan perawatan kesehatan maksimal tanpa harus keluar rumah, karena dikemas secara personalize sehingga menyesuikan kebutuhan pasien baik individu maupun keluarga, dan dilakukan tenaga medis profesional, dengan layanan berupa layanan dokter, layanan perawat, layanan bidan, layanan fisioterapi, dan layanan laboratorium klinik," terangnya. 

Dalam kesempatan ini juga dilangsungkan proses pemecahan dan pematahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). PT Kimia Farma Diagnostika dalam hal ini menerima 2 penghargaan rekor dari MURI.

Rekor pertama sebagai rekor pemecahan untuk kategori perusahaan dengan pelaksanaan edukasi dan skrining hepatitis secara serentak seluruh Indonesia dengan peserta terbanyak yaitu 3.915 orang untuk edukasi hepatitis dan 1.859 orang untuk skrining hepatitis.

Rekor kedua juga tidak kalah istimewa, karena rekor ini mematahkan rekor sebelumnya untuk kategori jaringan klinik yang melayani pelaksanaan vaksinasi covid-19 terbanyak. Rekor sebelumnya dilakukan jaringan klinik lain sebanyak 131.000 dosis vaksin selama 6 bulan.

PT Kimia Farma Diagnostika melalui jaringan kliniknya mampu mematahkan rekor sebelumnya dengan melakukan layanan vaksinasi Covid-19 sebanyak 389.582 dosis vaksin dengan periode hanya 2 bulan sejak 1 Juli hingga 31 Agustus 2021 kepada berbagai lapisan masyarakat.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh jajaran Direksi PT KFD. "Keberadaan gedung baru ini diharapkan memberikan semangat baru bagi karyawan sehingga lebih meningkatkan kinerja dalam mencapai tujuan perusahaan," katanya.

"Ini komitmen perusahaan yang tidak hanya mementingkan keuntungan perusahaan, tapi juga kesejahteraan dan kenyamanan karyawan," pungkas Ardhy.

PT Kimia Farma Diagnostika merupakan anak perusahaan PT Kimia Farma Apotek yang menjadi bagian dari grup PT Kimia Farma Tbk. PT Kimia Farma Diagnostika berdiri pada 2003 dan menjadi perseroan pada 2010 dengan layanan jasa kesehatan yaitu layanan laboratorium klinik.

Pada 2020 dilakukan integrasi layanan klinik dari PT Kimia Farma Apotek sehingga saat ini Kimia Farma Diagnostika memiliki jaringan layanan di 34 provinsi dengan total outlet 418 klinik dan 72 laboratorium klinik. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT