23 May 2022, 22:35 WIB

UTBK-SBMPTN Gelombang 1 Ditutup, Diikuti 531.709 Peserta


Faustinus Nua | Humaniora

MI/Faustinus Nua
 MI/Faustinus Nua
Pelaksanaan UTBK-SBMPTN di UNJ.

LEMBAGA Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) resmi menutup ujian tulis berbasis komputer seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 gelombang 1, Senin (23/5). Selanjutnya, gelombang 2 UTBK akan dilaksanakan pada 28 Mei-3 Juni 2022.

Pelaksanaan yang dimulai pada 17 Mei dan berakhir hari ini 23 Mei itu diikuti oleh separuh dari total peserta UTBK yang terdaftar, yakni sebanyak 531.709 peserta dari total sekitar 800 ribu pendaftar.

"Alhamdulillah gelombang 1 sampai di terakhir hari ini lancar. Peserta yang tidak hadir sekitar 6 %, artinya sudah mendaftar tidak ikut tes, mungkin sudah diterima di PT," ujar Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Prof. Budi Prasetyo Widyobroto kepada Media Indonesia.

Meski diklaim berjalan lancar, Budi menyebut bahwa selama 6 hari pelaksanaan UTBK, masih ditemukan beberapa peserta tes yang terlambat. Beberat peserta juga ditemukan tidak membawa dokumen yamg disyaratkan.

"Masih ditemukan beberapa peserta yang tidak percaya diri, usaha kerjasama dengan orang lain. Ditemukan beberapa peserta yang menggunakan alat bantu, alat elektronik dipasang di masker, pakaian, dan lain-lain yang ketahuan sebelum masuk ke ruangan," terangnya.

Budi berpesan agar para peserta yang sudah mengikuti tes tetap tenang dan banyak berdoa menanti pengumuman. Bagi peserta gelombang 2 nanti, diimbau untuk bisa mematuhi semua ketentuan yang sudah ditetapkan.

"Peserta gelombang 2, percaya diri tidak usah percaya orang-orang yang menawarkan jasa. Jangan terlambat dan membawa dokumen seperti yang tercantum di kartu UTBK," kata dia.

Adapun, gelombang 2 UTBK akan dilaksanakan pada 28 Mei-3 Juni. Persyaratan UTBK pun sama seperti pada gelombang 1 dan diharapkan para peserta benar-benar siap mengikuti seleksi berbasis komputer tersebut. (H-2)

BERITA TERKAIT