20 May 2022, 19:09 WIB

Klinik Ini Bantu Perawatan Gigi Anak Berkebutuhan Khusus


Eni Kartinah | Humaniora

Ist
 Ist
Acara Grand Opening Klinik Brawijaya Dental Studio – Brawijaya Clinic Kemang, Jakarta, pada Jumat (20/5). 

PERAWATAN gigi anak-anak seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua, terlebih mereka yang memiliki anak-anak yang terlahir atau pun tumbuh dengan keterbatasan fisik dan psikis.

Anak-anak dengan dengan keterbatasan fisik dan psikis membutuhkan perhatian khusus termasuk dalam masalah kesehatan gigi.

Menurut drg. Yesri Sasmita Purba, Sp. KGA, anak berkebutuhan khusus lebih rentan untuk mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut.

"Kebiasaan buruk pada rongga mulut seperti menggigit bibir atau jari, kecenderungan menahan makanan didalam mulut untuk waktu yang lama, atau dari kandungan obat yang diminum, semua hal tersebut adalah faktor yang memperparah gejala kerusakan gigi bagi anak berkebutuhan khusus," jelas drg.Yesri.

Hal ini disampaikan drg.Yesri dalam Health Talk bertema “Aku Hebat, Aku Spesial! Berani Periksa ke Dokter Gigi.”

Acara Health Talk dilaksanakan bersamaan dengan Grand Opening Klinik Brawijaya Dental Studio – Brawijaya Clinic Kemang, Jakarta, pada Jumat (20/5).

Dalam acara Health Talk ini juga menghadirkan drg. Adelia Mutia Indah Sp.KG sebagai narasumber.

Brawijaya Clinic Kemang, yang terletak di Jl. Kemang Raya No. 83, Jakarta Selatan, selama ini dikenal dengan Klinik Tumbuh Kembangnya yang fokus menangani Anak Berkebutuhan Khusus.

"Maka, untuk melengkapi fasilitas dari sisi kesehatan gigi, dibukalah Brawijaya Dental Studio untuk memaksimalkan layanan bagi Anak Berkebutuhan Khusus dan juga anak-anak lain yang membutuhkan rawat jalan gigi," jelas dr.Yesri.

Namun, tidak hanya dokter gigi anak, dalam Grand Opening tersebut, Direktur Brawijaya Dental Studio, drg. Nining Sofiah menjelaskan bahwa Brawijaya Dental Studio juga menyediakan layanan dokter gigi spesialis yaitu konservasi gigi yang mencakup layanan perawatan saluran akar, mahkota gigi, dan estetika.

"Juga ada dokter spesialis orthodonti untuk pemasangan dan pemeliharaan kawat gigi, Dokter gigi prostodonsia untuk spesialis gigi tiruan, dan layanan-layanan umum seperti cek gigi, tambal gigi, dan cabut gigi," jelasnya.

"Singkatnya, Brawijaya Dental Studio Kemang adalah klinik gigi keluarga di mana semua anggota keluarga bisa mendapatkan layanan kesehatan gigi terbaik dengan praktis dan mudah diakses," tutur drg.Nining. 

"Untuk pendaftaran pasien dapat dilakukan melalui Halo Brawijaya 150-160, website www.brawijayahospital.com," tambahnya. (Nik/OL-09)

BERITA TERKAIT