20 May 2022, 13:49 WIB

Menkominfo: DEWG G20 untuk Kenalkan Budaya Indonesia


Candra Yuri Nuralam | Humaniora

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
 ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate tidak hanya memanfaatkan Digital Economy Working Group (DEWG) G20 untuk menguatkan kerja sama digital antarnegara. Johnny juga memanfaatkan momen itu untuk mengenalkan budaya Indonesia di mata dunia.

Salah satu yang dikenalkan oleh Johnny yakni monumen peninggalan sejarah Candi Prambanan. Indonesia mengajak delegasi negara peserta DEWG G20 menikmati pemandangan Candi Prambanan sambil menikmati makanan khas Yogyakarta dalam acara makan malam bersama pada sidang kedua di Pelataran Prambanan, Sleman pada Rabu, 18 Mei 2022.

"Untuk pulih lebih kuat, terutama setelah dua hari yang panjang dari diskusi yang produktif selama Pertemuan DEWG kedua, tentu perlu menikmati pemandangan Candi Prambanan yang indah, kedekatan semua delegasi DEWG, dan kuliner lokal Indonesia," kata Johnny melalui keterangan tertulis, hari ini.

Johnny juga mengenalkan wedang secang kepada para delegasi. Dia juga sempat menjelaskan minuman tradisional itu cuma bisa dinikmati keluarga kerajaan di masa lalu kepada para delegasi negara peserta DEWG G20.

Baca juga: Delegasi G20 Dukung Empat Agenda Prioritas di Bidang Pendidikan

"Wedang secang baik untuk kesehatan, selain meningkatkan stamina, minuman ini juga terkenal khasiatnya dalam mengatasi perut kembung, masuk angin dan digunakan untuk menghangatkan tubuh," ujar Johnny.

Johnny mengatakan bakal memaksimalkan promosi keindahan Indonesia selama DEWG G20 berlangsung. Salah satu keindahan yang bakal dikenalkan selanjutnya yakni Pulau Komodo di Labuan Bajo. Labuan Bajo merupakan tempat pertemuan DEWG G20 berikutnya.

"Dalam pertemuan kita berikutnya di bagian tenggara Indonesia di Labuan Bajo, kita akan bertemu dengan dinosaurus kehidupan nyata, komodo. Makhluk unik yang satu ini merupakan hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di Kawasan Nusa Tenggara Timur," tutur Johnny.

Para delegasi juga akan diajak untuk menikmati keindahan pantai di Labuan Bajo. Johnny berharap pesona Indonesia bisa membuat pembicaraan para delegasi di DEWG G20 menjadi lebih baik. (OL-4)

BERITA TERKAIT