19 May 2022, 21:05 WIB

Hari Bakti Dokter Indonesia, Terus Sempurnakan Layanan Kesehatan


Atalya Puspa | Humaniora

MI/Andri
 MI/Andri
Ilustrasi

HARI Bakti Dokter Indonesia (HBDI) diperingati setiap 20 Mei setiap tahunnya. Peringatan tersebut diharapkan dapat mendorong dokter di seluruh Indonesia untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia Wilayah Jawa Tengah Djoko Handojo mengungkapkan, ada dua hal penting yang harus selalu dipegang teguh untuk memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat. Pertama, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dokter.

"Kita tahu sekarang ada BPJS Kesehatan yang membantu menyelenggarakan kesehatan seluruh Indonesia. Ini sangat baik dan bermanfaat tapi tentunya ini harus kita sempurnakan," kata Djoko dalam konferensi pers bertajuk Pembukaan Hari Bakti Dokter Indonesia 2022 yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (19/5).

Kedua, memberikan perlindungan kepada dokter dengan kepastian hukum yang jelas agar dokter dapat melayani masyarakat secara baik.

"Dokter hendaknya dilindungi dengan peraturan perundangan regulasi yang jelas sehingga kami bisa melakukan pelayanan terbaik. Sehingga tidak ada lagi dokter yang mengalami tindakan yang tidak menyenangkan saat bertugas," beber dia.

Adapun, peringatan HBDI 2022 yang dilakukan oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia berpusat di Pati, Jawa Tengah dan diikuti oleh anggota IDI di seluruh Indonesia.

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengungkapkan bahwa rangkaian acara HBDI akan terus berlangsung paralel dengan hari ulang tahun PB IDI yang jatuh pada 24 Oktober 2022 mendatang.

"Di beberapa daerah ada yang belakukan bakti sosial, donor darah, desa binaan, dan sebagainya, Karena memang HBDI ini sebuah perwujudan untuk kemudian memperkuat bahwa IDI dan dokter di seluruh Indonesia lahir untuk bangsa Indonesia," tegas Adib. (H-2)

 

BERITA TERKAIT