17 May 2022, 23:47 WIB

Satgas Covid-19: Jaga Pola Hidup Sehat Meski Tak Wajib Pakai Masker


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

Antara
 Antara
Wiku Adisasmito

SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat tak bereuforia terhadap kebijakan pelonggaran memakai masker. Masyarakat harus tetap waspada terhadap penularan covid-19.

“Kita harus tetap melanjutkan upaya vaksinasi, upaya hidup bersih, dan sehat seperti protokol kesehatan,” kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa (17/4)

Wiku mengatakan pandemi covid-19 belum usai. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mencabut status tersebut secara global.

“Kami harap kebijakan ini dapat dijalankan dengan baik namun masyarakat tetap waspada, siaga, dan adaptif dengan berbagai perubahan,” papar dia.

Sementara itu, pemerintah juga bakal memanfaatkan momentum tersebut. Pemerintah fokus memulihkan ekonomi nasional.

“Untuk dapat kembali pulih akibat terdampak pademi selama dua tahun belakangan,” ujar Wiku.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang makin terkendali di Indonesia.

"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa, 17 Mei 2022.

Meski demikian, Presiden meminta masyarakat tetap menggunakan masker saat kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Lalu, masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid, disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas. (OL-8)

BERITA TERKAIT