15 May 2022, 17:35 WIB

LTMPT Sebut tidak Ada Kendala, UTBK SBMPTN Siap Dilaksanakan


Dinda Shabrina | Humaniora

Antara/Makna Zaezar.
 Antara/Makna Zaezar.
Petugas mengawasi UTBK SBMPTN 2021 gelombang 1, di Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

KETUA Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mochammad Ashari mengatakan pihaknya siap menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) pada 17 Mei mendatang.

"Semua sudah siap. Tidak ada masalah. Kemarin kami koordinasi UTBK di 74 lokasi di seluruh Indonesia dan sudah siap untuk dilaksanakan," kata Ashari kepada Media Indonesia, Minggu (15/5). Pihaknya melakukan survei setiap tahun untuk mempersiapkan hal-hal yang kelak dibutuhkan dalam penyelenggaraan UTBK. 

Selain itu LTMPT melakukan analisis dan pendataan jumlah komputer, lokasi, dan peserta untuk disesuaikan berdasarkan kebutuhan. "Tahun lalu kami menambah beberapa ribu personal computer, sehingga sekarang insyallah tidak ada masalah dan terjadwal lebih baik," imbuh Ashari.

Baca juga: IPB: Batasi Lalu Lintas Ternak Berpenyakit Mulut dan Kuku

Terkait persiapan UTBK di Indonesia bagian timur, Ashari menuturkan pihaknya berkoordinasi dengan PLN untuk dapat membantu wilayah-wilayah yang masih kekerangan pasokan listrik agar saat penyelenggaran UTBK dapat berjalan lancar. 

"Mohon doa restunya untuk seluruh masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan lancar dengan baik untuk anak-anak kita," tutup Ashari. (OL-14)

BERITA TERKAIT