09 May 2022, 16:50 WIB

Luhut: Pandemi Covid-19 Terkendali Usai Lebaran


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

Antara
 Antara
Luhut Binsar Pandjaitan

KONDISI pandemi covid-19 disebut terjaga usai Lebaran 2022. Hal itu terlihat dari sejumlah indikator penanganan covid-19.

“Kondisi Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idulfitri hingga saat ini masih terkendali,” kata Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan dalam telekonferensi di Jakarta, Senin (9/5)

Luhut mengatakan penambahan kasus harian covid-19 di bawah 1.000 selama 25 hari berturut-turut. Kemudian tingkat keterisian tempat tidur (BOR) di rumah sakit covid-19 nasional hanya sebesar dua persen.

“Kasus kematian juga turun 98 persen dan positivity rate di bawah 0,7 persen,” ujar dia.

Luhut juga memerinci tren kasus covid-19 di Pulau Jawa dan Bali. Seluruh indikator menunjukkan perbaikan di semua wilayah.

“Seluruh provinsi di Jawa dan Bali mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibanding puncak kasus Omicron,” papar dia.

Luhut menyebut data tersebut menjadi dasar pembuatan kebijakan. Pemerintah hendak melonggarkan ketentuan aktivitas masyarakat selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

“Relaksasi dilakukan secara bertahap, bertingkat, dan berlanjut,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT