07 May 2022, 20:05 WIB

Tekan Kepadatan Arus Balik, Kapolri Minta Masyarakat Manfaatkan WFH


tri subarkah | Humaniora

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
 ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan)

KEPALA Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat memanfaatkan relaksasi yang diberikan kantor instansi atau lembaga agar tidak buru-buru balik pascalibur Lebaran. Hal itu dilakukan untuk mengurai dan mengantisipasi kepadatan arus balik.

Menurut Listyo, para pekerja bisa memanfaatkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) tanpa mengurangi kewajiban tugas. Sementara itu, anak-anak sekolah, utamanya yang sekolah di Jakarta, bisa memanfaatkan waktu libur sampai 11 Mei 2022.

"Relaksasi tersebut harus dimanfaatkan dan diatur saat balik sehingga kepadatan di arus balik bisa dihindari dan bisa diurai. Yang lebih penting lagi masyarakat bisa kembali dengan nyaman dan selamat," kata Kapolri saat meninjau Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (7/5).

Baca juga: Kapolri Buka Kemungkinan One Way dari Semarang hingga Jakarta

"Kami, pemerintah dan stakeholder terkait akan memberikan pelayanan terbaik," sambungnya.

Listyo mengatakan terjadi peningkatan kapasitas penumpang sejak tiga hari ke belakang di Pelabuhan Bakauheni. Malam ini, katanya, jumlah penumpang diperkirakan pencapai 41 ribu orang. Padahal tiga hari sebelumnya berjumlah masing-masing 31 ribu, 16 ribu, dan 15 ribu orang.

Beberapa skema yang dilakukan untuk menghadapi puncak arus balik antara lain mengatur sejumlah rest area sebagai tempat menampung saat terjadi kepadatan di dermaga. Selain itu, kapal dan jumlah dermaga juga ditambah, yaitu dermaga Panjang dan BBJ. (OL-4)

BERITA TERKAIT