06 May 2022, 16:41 WIB

KAI: 6-7 Mei Jadi Puncak Arus Balik dengan Kereta Api


Mohamad Farhan Zhuhri | Humaniora

Antara
 Antara
Sejumlah penumpang berjalan setibanya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta.

PT KAI (Persero) menyatakan puncak arus balik Lebaran menggunakan kereta api jarak jauh diprediksi terjadi mulai Jumat (6/5) ini. 

VP Public Relation KAI Joni Martinus mengatakan akan ada sekitar 40 ribu orang yang datang ke Jakarta. "Sekitar 40 ribu orang datang ke Jakarta hari ini. Baik di Stasiun Pasar Senen, Stasiun Gambir maupun Stasiun Jatinegara," ujarnya, Jumat (6/5).

Menurutnya, pada 6-7 Mei menjadi puncak arus balik Lebaran menggunakan kereta api. Pihaknya telah menyiapkan 2,6 juta tiket di masa angkutan Lebaran. Dari angka tersebut, sebanyak 2,2 juta tiket telah terjual.

Baca juga: BNPB Imbau Pemudik Waspadai Ancaman Bencana Hidrometeorologi

"Artinya sudah terserap 84%," imbuh Joni.

Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang, KAI telah menyiapkan skenario. Seperti, menyiapkan petugas di pintu kedatangan stasiun. "Ketika terjadi kedatangan arus balik, penumpang tetap tertib dan aman," paparnya.

Pihaknya mengimbau kepada penumpang agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Serta, memastikan semua persyaratan telah dipenuhi, termasuk vaksinasi covid-19.

Tidak kalah penting, masyarakat diimbau datang tepat waktu ke statisun untuk menghindari keterlambatan.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Jasa Marga Lakukan Buka Tutup Ruas Tol MBZ

"Kami mengimbau agar mengalokasikan waktu dengan cermat. Sehingga, ketika terjadi kemacetan di jalan, masih memiliki kantong waktu agar tidak ketinggalan kereta," tukas Joni.

Adapun pemudik masih memadati Stasiun Pasar Senen, Jakarta, pada H+4 Lebaran. Joni menyebut pergerakan penumpang kereta api masih tinggi. Mengingat, masih banyak warga yang Lebaran terlebih dahulu di Jakarta.

Total penumpang yang berangkat ke sejumlah daerah melalui Stasiun Pasar Senen pada Jumat (6/5) ini, sekitar 16 ribu penumpang.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT