06 May 2022, 09:45 WIB

Sistem Buka Tutup Rest Area Arah Jakarta Bakal Diterapkan Saat One Way


Fachri Audhia Hafiez | Humaniora

ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
 ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Sejumlah pemudik beristirahat di Rest Area 487 A, Boyolali, Jawa Tengah.

SISTEM buka tutup di rest area di jalan tol menuju Jakarta akan diterapkan saat rekayasa lalu lintas one way atau satu arah berlangsung. Kebijakan itu untuk mencegah kepadatan kendaraan yang berusaha masuk ke rest area pada masa arus balik Lebaran 2022.

"Kami masih melakukan rekayasa buka tutup rest area di jalan tol arah Jakarta," kata General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT Jasamarga Related Business (JMRB) Meta Herlina Puspitaningtyas melalui keterangan tertulis, Jumat (6/5).

Meta mengatakan sistem buka tutup rest area bersifat situasional. Selain itu, kebijakan tersebut bakal diterapkan berdasarkan diskresi Polri.

"Situasional terutama saat terjadi kepadatan di rest area selama rekayasa lalu lintas one way berlangsung," jelas Meta.

Baca juga: Arus Balik, 67 Ribu Orang Menyeberang ke Pelabuhan Merak

PT JMRB, kata Meta, juga melakukan skema rekayasa lalu lintas di dalam rest area. Sarana rambu-rambu juga telah disiapkan untuk mempermudah pengendara memahami kebijakan yang tengah diterapkan.

"Penyediaan sarana perambuan, rubber cone, dan water barrier, serta menambah personel keamanan, dan pengatur lalu lintas di rest area," ujar Meta.

Dia juga mengimbau agar pengendara tidak berlama-lama di rest area. Pemudik diimbau berada di rest area maksimal 30 menit.

"Mengimbau pengguna jalan untuk memanfaatkan waktu istirahat di rest area sesuai dengan kebutuhan, agar dapat bergantian dengan pengguna jalan lainnya," ucap Meta. (OL-1)

BERITA TERKAIT