28 April 2022, 19:25 WIB

Masuk 5 Besar, Ratu Hati Wibawa Torehkan Indonesia dalam Desain Interaktif Dunia


mediaindonesia.com | Humaniora

dok.pribadi
 dok.pribadi
Ratu Hati Wibawa terpilih 5 besar di antara ratusan peserta di seluruh dunia. 

USAI melalui tahapan kompetisi, Ratu Hati Wibawa  terpilih 5 besar di antara ratusan peserta di seluruh dunia. Mulai sejak 28 Maret sampai 27 April 2022 

Kompetisi Internasional ini bertajuk Student Design Charette yang diselenggarakan oleh IxDA (Interaction Design Association). IxDA memiliki 200.000 anggota dan 200 komunitas lokal yang tersebar di seluruh dunia. 

Ratu Hati Wibawa (arawibawa.com) dari Indonesia bersama Gulji Chung dari Korea tergabung dalam satu tim. Mereka berdua melalui tahapan-tahapan mentoring dan presentasi sampai kemudian terpilih oleh dewan juri dan mentor yang terdiri dari desainer profesional dari seluruh dunia, antara lain Amazon, Royal Bank, AWS dan lainnya.

Tantangan dari kompetisinya meminta tim untuk mengeksplorasi dan merancang pengalaman (membuat aplikasi) yang mencapai inklusivitas di pendidikan yang sekarang online. Topik tim Ratu Hati mengenai "Bagaimana mendorong partisipasi dan komunikasi dalam pembelajaran online untuk siswa siswi?", Kamis (28/4). 

Ratu Hati dan Gulji mempersembahkan “Speak Up” dirancang untuk memudahkan siswa mengungkapkan ide mereka melalui rapat online, juga berfungsi sebagai plugin untuk perangkat lunak konferensi video seperti zoom, google meet, dll.

Speak up memiliki 3 fitur:

 - “Write” (Fitur gelembung ucapan) - adalah gelembung ucapan yang dirancang untuk menampilkan pendapat mereka secara visual.  Hal ini bertujuan untuk mendorong siswa untuk berpartisipasi tanpa repot-repot untuk menyuarakan diri mereka sendiri.

- “Prepare” (Agenda rapat video) - Berfungsi sebagai agenda untuk membantu siswa tetap berada di jalur yang benar dengan kelas.  Meningkatkan produktivitas dan kepercayaan diri siswa untuk berpartisipasi dengan mengetahui apa yang harus dipersiapkan untuk kelas.

- "Poke” (Peringatan masalah teknis) - Memberi tahu guru tentang kesulitan teknis yang dihadapi kelas selama pertemuan kelas dengan tombol yang mudah dan cepat, ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas di kelas.

Ratu Hati berharap dengan pencapaiannya di Student Design Charette 2022 ini menjadi pintu gerbang untuk memperoleh hasil yang berarti melalui membangun desain sistem aplikasi. Saat ini Ratu Hati belajar di Unisadhuguna College (UIC) Education Group dalam proses menuju studi desainnya ke universitas di Inggris Raya. 

Ratu Hati merupakan peserta dari Indonesia yang masuk ke dalam peringkat 5 teratas. Ratu Hati berharap dengan mengikuti lebih banyak kompetisi di dunia Internasional, nama Indonesia semakin dikenal dalam komunitas Desainer Interaktif.(OL-13) 

BERITA TERKAIT