28 April 2022, 17:50 WIB

Rest Area Tol Cipali Dibanjiri Pemudik, Kemenhub Ingatkan Aturan Batas 30 Menit


Insi Nantika Jelita | Humaniora

Antara/Oky Lukmansyah
 Antara/Oky Lukmansyah
kendaraan parkir di kawaan rest area

JURU Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati menuturkan, tumpukan kendaraan di jalur masuk rest area KM 166 Tol Cipali berdampak pada kemacetan yang parah di kawasan tersebut pada siang ini, Kamis (28/4). 

Pemudik diminta untuk mematuhi ketentuan batas waktu 30 menit di rest area yang diberlakukan Jasa Marga untuk mengurai kemacetan di tempat peristirahatan. 

"Diharapkan masyarakat tetap bisa mematuhi maksimal 30 menit di rest area. Ini untuk menghindari penumpukan dan kemudian tentu juga bisa lebih lancar perjalanannya," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/4).

Dengan masyarakat bisa mematuhi ketentuan pembatasan waktu di rest area tol, diyakini bisa mengurangi antrean masuk. Pasalnya, tumpukan kendaraan itu memakan bahu jalan dan kerap mengganggu kelancaran lalu lintas di ruas jalan tol.

"Memang rest area di Cipali menimbulkan kemacetan panjang yang dampaknya sampai Tol Cikampek. Tapi, sekarang sudah di atasi dan penanganan rest area akan menjadi prioritas kami," sebut Adita.

Baca juga : Arus Mudik Mulai Padat, Jasa Marga Berlakukan Gage dan One Way arah Semarang

Selain itu, pemudik juga disarankan untuk menggunakan portable toilet yang disediakan juga oleh pihak operator tol. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat waktu di rest area. 

"Kalau memang dibutuhkan makan dan minum itu bisa dilakukan dengan take away ya, jadi tidak harus berlama-lama di rest area. Itu yang menjadi imbauan dari pemerintah," pungkasnya. 

Berdasarkan data sementara yang dihimpun dari Posko Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2022 (1433 H), jumlah pergerakan penumpang di semua moda angkutan umum trennya terus meningkat. 

Pada Senin 25 April 2022 (H-7) sebesar 474.285 penumpang, pada Selasa 26 April 2022 (H-6) sebesar 476.429 penumpang,dan pada Rabu 27 April 2022 (H-5) kemarin sebesar 555.168 penumpang.

“Kami memprediksi peningkatan akan terus terjadi hingga puncak mudik yang diprediksi terjadi mulai hari ini Kamis 28 April sampai Sabtu 30 April 2022 mendatang,” jelas Adita. (OL-7)

BERITA TERKAIT