24 April 2022, 18:15 WIB

Catat Jadwal Uji Coba Ganjil Genap di Tol Mulai Besok


Rahmatul Fajri | Humaniora

Antara/Novrian Arbi.
 Antara/Novrian Arbi.
Petugas aparat gabungan melakukan penertiban penerapan ganjil-genap bagi kendaraan di Gerbang keluar Tol Pasteur, Bandung, Jumat (11/2)/

KORLANTAS Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, BPJT Kementerian PU-Pera, dan BUJT akan menerapkan uji coba ganjil genap di ruas jalan tol mulai Senin (25/4) hingga Rabu (27/4). Hal tersebut dilakukan demi keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang melaksanakan mudik Idulfitri tahun ini.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan uji coba rekayasa tersebut dimulai pada besok dimulai pukul 11.00 hingga 13.00 WIB dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan gerbang tol (GT) Cikampek Utama Km 70. Pada Selasa (26/4), uji coba akan dimulai pada pukul 11.00 hingga 13.00 dan berlokasi dimulai dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan GT Palimanan KM 188.

Untuk Rabu (27/4), rekayasa ganjil genap dimulai sejak pukul 10.00 hingga 17.00 dimulai dari Tol Cikampek Km 47 sampai dengan GT Kalikangkung Km 414. Bila terjadi kepadatan, dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contraflow. "Bila masih terjadi kepadatan melebihi batas maksimal, akan dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way," kata Dedi, melalui keterangannya, Minggu (24/4).

Baca juga: Polisi Tangkap Kawanan Pencuri Emas di Tangerang

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menambahkan pelaksanaan uji coba ganjil genap untuk Senin (25/4) besok, pihaknya mengarahkan kendaraan dengan nomor pelat genap keluar dari Tol Cikarang Barat. "Kendaraan dengan nomor genap tidak boleh masuk ke jalan layang tol Mohammed Bin Zayed (MBZ) dan akan dikeluarkan di Gerbang Tol Cikarang Barat," kata Sambodo melalui keterangannya, Minggu (24/4).

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas akan memberlakukan sistem ganjil genap terhadap kendaraan yang melintas di sejumlah titik jalan tol selama masa arus mudik Lebaran 2022. Kepolisian menyiapkan skema one way dan ganjil genap untuk mengurai kemacetan yang diprediksi terjadi di titik masuk dan keluar pintu tol. (OL-14)

BERITA TERKAIT