22 April 2022, 22:23 WIB

Kinerja Kokarmindo Tetap Moncer di Tengah Pandemi


M Iqbal Al Machmudi | Humaniora

Dok Media Group
 Dok Media Group
Anggota Kokarmindo mendapatkan doorproze seusai menghadiri RAT Kokarmindo 

HR, Finance, Technical Support Director Metro TV Arif Nugroho menilai secara umum Koperasi Karyawan Media Group (Kokarmindo) telah menunjukkan kemajuan yang cukup berarti baik dari program kerja dari sisi keuangan meski masih menghadapi pandemi. Hal itu disampaikan Arif pada Rapat Akhir Tahun (RAT) 2021.

"Saya optimistis bahwa Kokarmindo ke depannya memiliki prospek yang sangat besar dan menjanjikan. Dengan pengalaman dan potensi yang ada Kokarmindo masih memiliki peluang untuk besar terutama di Jakarta Barat sehingga perlu dukungan dari anggota dan jajaran Media Group dalam bentuk kegiatan," kata Arif di Loby 3 Media Indonesia, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (22/4).

Menurutnya, keberhasilan koperasi bukan semata-mata dari pengurus melainkan peran aktif dari anggota kinerja Media Group dan pemerintah setempat. Sehingga diharapkan Kokarmindo dapat melakukan terobosan baru untuk menambah produk-produk layanan yang sudah ada, baik bersifat komersial maupun layanan bersifat sosial secara cepat beradaptasi dengan transformasi sosial.

Diketahui per April anggota Kokarmindo mencapai 1.373 orang. Untuk memajukan koperasi, pelaksanaan program di Kokarmindo tentu berdasarkan koordinasi yang baik dan pengelolaan profesional, akuntabel, dan transparan.

"Saya sebagai anggota mewakili Media Group merasa sangat berbahagia dan mengapresiasi kepada pengurus Kokarmindo yang telah dilakukan setiap tahunnya. RAT 2021 menunjukkan bahwa pengurus telah melakukan kewajibannya," ungkapnya.

Ketua Kokarmindo Andreas M Zay mengungkapkan bahwa koperasi telah memberikan Sisa Hasil Usaha (SHU) dengan nilai yang cukup besar yakni Rp1,6 miliar.

"Tahun ini karena dampak pandemi pasti usaha apapun akan berpengaruh tetapi Kokarmindo tetap eksis cuman memberikan sisa hasil usaha kepada anggota. SHU cukup bisa dirasakan margin kotor sekitar Rp1,6 miliar," kata Zay.

Rencana ke depan Kokarmindo akan mencoba usaha eksternal untuk mensejahterakan dengan program kendaraan operasional untuk lingkungan Media Group. Program yang cukup besar ini dengan pengadaan 50 kendaraan operasional pada 2022.

"Sementara perkembangan ke depan Kokarmindo akan menggunakan smartphone bisa menerima informasi dengan baik seperti mendapatkan benefit pinjaman, pembelian barang, termasuk SHU bisa mengetahui untuk anggota melalui aplikasi," ujar Zay.

Kepala Seksi Koperasi UKM Jakarta Barat Djarot Sarafuddin yang hadir dalam RAT 2021 memberikan apresiasi kepada Kokarmindo yang telah melakukan pertanggungjawaban dengan mengadakan rapat akhir tahun serta melakukan pembagian SHU kepada anggota.

"Dari 595 koperasi yang ada di Jakarta Barat Koperasi Kokarmindo Media Group berada di posisi ke 40 koperasi yang melaksanakan RAT tahun buku 2021. Hal ini perlu diapresiasi dan diberikan penghargaan karena dala. kondisi pandemi Kokarmindo dapat melaksanakan RAT mempertanggungjawabkan roda perekonomian anggota," ungkapnya. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT