21 April 2022, 21:43 WIB

Indonesia Siap Luncurkan 2 Satelit Terbesar di Asia Tahun Depan 


Faustinus Nua | Humaniora

Antara/Indrianto Eko Suwarso
 Antara/Indrianto Eko Suwarso
Menkominfo Johnny G Plate

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan, tahun depan 2 satelit milik Indonesia akan diluncurkan. Kedua satelit yang sedang dibangun itu digadang-gadang menjadi yang terbesar di Asia. 

"Kita sedang membangun 2 satelit terbesar di Asia yang tahun depan pertengahan Q1 dan Q2 akan diluncurkan ke orbit," ungkapnya dalam acara SGU Grand Talkshow: Kampus Merdeka Rumah Generasi Digital Masa Depan, Kamis (21/4). 

Peluncuran 2 satelit tersebut merupakan bagian dari akselerasi transformasi digital Indonesia. Satelit menjadi salah satu infrastruktur TIK yang penting dalam mendukung kemandirian bangsa di era 4.0 saat ini. 

Johnny menyebut bahwa satelit itu bisa langsung beroperasi di tahun depan. "Mulai beroperasi pertengahan tahun dan akhir tahun depan," imbuhnya. 

Baca juga : Hari Kartini, BAKTI Kominfo Sebar Sinyal ke Pelosok Negeri

Dijelaskannya, dalam transformasi digital setidaknya ada 4 elemen penting yang harus dipenuhi Indonesia. Selain infrastruktur TIK, ada juga spektrum frekuensi, regulasi dan kesiapan SDM atau talenta digital. 

Terkait infrastruktur, kara dia, kabel fiber optik 3.600 km tengah dikerjakan baik di darat dan laut. Begitu pula base transceiver station (BTS) untuk daerah-dareah 3T agar menjamin akses digital di seluruh pelosok Tanah Air. 

Sebagian besar pembangunan infrastruktur TIK memang masih didominasi pemerintah. Akan tetapi Johnny berharap kolaborasi dan kerja sama sektor swasta hingga perguruan tinggi terkait SDM. Sehingga, semuanya bisa berjalan beriringan dan Indonesi mampu mewujudkan Indonesia Emas di 2045. (OL-7)

BERITA TERKAIT