20 April 2022, 15:31 WIB

Kemenkes: Sulit Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19


Theofilus Ifan Sucipto | Humaniora

Medcom/ Theofilus Ifan Sucipto
 Medcom/ Theofilus Ifan Sucipto
Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu

KEMENKES Kesehatan (Kemenkes) mengatakan laju vaksinasi covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Meski begitu, masyarakat tidak boleh terlena terutama selama periode mudik.

“Potensi menghadapi lonjakan covid-19 masih sulit kita prediksi apalagi kalau ada varian baru,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu (20/4).

Maxi memerinci cakupan vaksin dosis pertama sudah di atas 95 persen dari populasi. Kemudian laju vaksin dosis kedua 78 persen dan vaksinasi dosis ketiga atau booster sudah 15,3 persen.

Menurut Maxi, cakupan vaksinasi yang moncer berkat kerja sama seluruh pihak. Mulai dari TNI, Polri, pemerintah daerah, hingga masyarakat yang inisiatif divaksin.

“Kemenkes terus memantau sekaligus mengingatkan masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan sebelum hingga pulang mudik,” papar dia.

Maxi mengingatkan pandemi covid-19 di Indonesia belum berakhir. Sehingga percepatan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan (prokes) menjadi kunci menjaga kasus covid-19 terkendali.

“Peningkatan antibodi pada kelompok usia di atas 60 tahun menjadi prioritas agar tetap dilakukan percepatan vaksinasi karena mereka kelompok rentan,” pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT