18 April 2022, 17:17 WIB

Warga Dilarang Mudik dengan Motor, Kemenhub: Sangat Berisiko


Insi Nantika Jelita | Humaniora

Antara
 Antara
Pengendara motor melintasi jalur alternatif selatan terowongan Cirahong di Jawa Barat.

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat agar tidak mudik Lebaran dengan kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Berdasarkan prediksi Kemenhub, sekitar 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran. Adapun 47% di antaranya bakal menggunakan jalur darat, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

"Pemudik yang naik kendaraan roda dua, kalau bisa jangan. Mudik dengan roda dua ini akan sangat berisiko," pungkas Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dalam diskusi virtual, Senin (18/4).

Baca juga: Presiden: Jangan Makan Minum saat Halal Bihalal

Lebih lanjut, Adita menyoroti faktor cuaca yang tidak menentu. Kondisi itu bisa membahayakan keselamatan pemudik, yang pergi dengan sepeda motor.

Kemenhub pun mengimbau agar pemudik menikmati layanan mudik gratis dari pemerintah.

Termasuk, dengan bus dan kapal laut. "Nikmati program mudik gratis. Ini tanggung jawab kita bersama, khususnya kami di pemerintahan, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik," imbuhnya.

Baca juga: Pertamina Jamin Stok BBM Aman di SPBU Tol Trans-Jawa

Pihaknya menyiapkan 700 bus yang akan mengangkut sekitar 21 ribu penumpang dari Jakarta ke 24 kota tujuan. Mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Kemenhub juga menyiapkan 70 truk yang akan mengangkut sebanyak 2.200 sepeda motor pemudik. "Insyaallah kita siap. Kita sudah cek ke lapangan, ke operator. Ada antusiasme, karena dua tahun tidak mudik," tutur Adita.(OL-11)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT