12 April 2022, 11:00 WIB

Presiden dan Wapres Serahkan Zakat lewat Baznas


Andhika Prasetyo | Humaniora

ANTARA/Indra Arief
 ANTARA/Indra Arief
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional di Istana Negara, Jakarta.

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyerahkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (12/4).

"Alhamdulillah, pada hari ini, saya bersama dengan Bapak Wakil Presiden dan para pimpinan lembaga serta para menteri, para gubernur, bupati, dan wali kota, bisa tetap berzakat di tengah pandemi," kata Presiden dalam sambutannya.

Jokowi menegaskan berzakat merupakan kewajiban umat Islam untuk berbagi rezeki dan kebahagiaan kepada saudara-saudaranya, terutama para mustahik.

Baca juga: Salurkan ZIS, Ganjar dan Baznas Jateng Renovasi Rumah Guru Ngaji di Kendal

Dia berharap dana zakat yang dihimpun Baznas dapat digunakan sebaik-baiknya untuk membantu masyarakat, terutama yang mengalami kesulitan akibat pandemi covid-19, serta membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh.

Jokowi juga mengimbau seluruh pejabat negara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan swasta, hingga kepala daerah dan jajarannya di seluruh Tanah Air, untuk turut menunaikan zakat melalui Baznas agar dana zakat dikelola secara profesional dan teratur, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Semoga zakat yang kita keluarkan akan menyempurnakan ibadah puasa kita, menyempurnakan ketakwaan kita, ketaatan kita kepada Allah SWT," ujar Presiden. (Ant/OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT