08 April 2022, 21:25 WIB

MBKM Universitas Sebelas Maret di Wonogiri Hasilkan Rencana Induk Stadion dan Embung


Widjajadi | Humaniora

DOK/UNS
 DOK/UNS
Mahasiswa Universitas Sebelas Maret di Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah,


PROGRAM Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) di Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, menghasilkan rencana induk desa.

Dari kerja praktik di Desa Joho itu, kelompok mahasiswa gabungan dari Program Studi (Prodi) Arsitektur dan Teknik Sipil, mereka merencanakan pengadaan stadion dan juga embung .

"Di sekitar embung, ada lahan kosong. Kami diminta merencanakan sebuah bangunan serba guna di situ dan mengolah lanskap taman," tukas Adam Maulana, salah satu mahasiswa Arsitektur.

Para mahasiswa gabungan itu akhirnya membuatkan rencana induk kawasan desa. Kegiatan dimulai Desember 2021 diawali dengan survei lokasi.

Desain pertama rencana induk telah selesai, lalu dipresentasikan kepada Pemerintah Desa Joho. Tahap desain ini merupakan fokus kerja mahasiswa dari Prodi Arsitektur.

Yuan Efano Sofyan, anggota MBKM UNS di Joho menambahkan hasil akhir dari proyek itu berwujud desain masterplan kawasan untuk fasilitas umum yang diperlukan dan dibutuhkan oleh desa.

"Presentasi terlaksana pada Februari 2022. Proyek berlanjut dengan turut melibatkan peran mahasiswa Prodi Teknik Sipil. Peran mereka di antaranya ada pada lingkup perhitungan struktur bangunan," imbuh Yoan.

Kolaborasi mahasiswa Teknik Arsitektur dan Teknik Sipil membantu memperhitungkan struktur stadion serta bangunan serbaguna yang sudah didesain sebelumnya.

Ada banyak harapan dari dilaksanakan proyek MBKM ini, yakni mahasiswa UNS mendapatkan pengalaman secara langsung menerapkan ilmu yang didapat dari bangku kuliah. Para mahasiswa bangga desain produk mereka bisa direalisasikan.

"Kolaborasi keilmuan ini dapat diterapkan di proyek-proyek lainnya. Tentunya dengan cara yang efektif dan efisien agar mendapatkan hasil yang berkualitas," pungkas Adam. (N-2)

BERITA TERKAIT