31 March 2022, 20:14 WIB

Menhub: Akan Ada Random Check untuk Pemudik dengan Kendaraan Pribadi 


Fathurrozak | Humaniora

MI. Ramdani
 MI. Ramdani
Ilustrasi pemeriksaan pemudik oleh petugas kepolisian

TAHUN ini tidak akan ada penyekatan bagi pelaku perjalanan mudik dengan kendaran pribadi. Presiden Joko Widodo telah mengumumkan tahun ini masyarakat diperbolehkan mudik. 

Merespons itu, Kementerian Perhubungan bersama Satgas covid-19 pun telah menyusun beberapa peraturan untuk pelaku perjalanan mudik 2022. Namun, masyarakat diimbau untuk melakukan vaksin dosis ketiga untuk bisa mudik. 

Menyangkut itu, Menhub Budi Karya Sumadi juga mengatakan tahun ini tidak akan ada penyekatan bagi pemudik seperti dua tahun terakhir. Namun, bagi pelaku perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi akan dilakukan pengecekan secara acak. 

Baca juga : Simak Syarat Mudik dari Satgas Covid-19

“Jumlah yang akan melakukan perjalanan mudik banyak sekali, sekitar 79 juta orang. Memang kalau di sektor darat, laut, dan udara dengan menggunakan kereta, kapal laut, pesawat, atau bus itu mudah untuk mengklasifikasikan boleh atau tidaknya untuk mudik. Dengan persyaratan yang bisa dicek saat mendapatkan tiket perjalanan. Tapi untuk pelaku mudik dengan kendaraan pribadi ini menjadi diskusi. Tidak ada penyekatan memang. Tapi akan ada random checking di beberapa titik. Ini untuk menguji agar peraturan yang diterapkan pemerintah konsisten,” kata Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis, (31/3). 

Budi melanjutkan, perlu kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksin booster sebelum melakukan perjalanan mudik tahun ini. 

“Karena apa yang kita lakukan ini bukan untuk diri kita saja, tapi demi keamanan orang banyak. Oleh karena itu pemerintah menghimbau untuk mematuhi syarat yang telah ditetapkan Satgas covid, sehingga bisa mudik dengan aman, nyaman, dan sehat," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT