29 March 2022, 20:22 WIB

Sinar Mas Land Gelar Workshop Sekolah Berhati Perkuat Kompetensi Guru


Mediaindonesia.com | Humaniora

DOK Sinar Mas Land.
 DOK Sinar Mas Land.
Pelatihan Sekolah Berhati yang diikuti ratusan pengawas sekolah hingga tenaga pendidik pada 22-23 Maret 2022.

SINAR Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk kembali menyelenggarakan pelatihan Sekolah Berhati (berkarakter hijau, sehat, dan inovatif) untuk para tenaga pendidik dan konselor di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Pelatihan ini bertujuan menyosialisasikan Buku Sekolah Berhati serta mengaplikasikan pelatihannya secara langsung yang diikuti ratusan pengawas sekolah hingga tenaga pendidik pada 22-23 Maret 2022 di Gedung Auditorium, Green Office Park (GOP) 9, BSD City.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Syaifullah (Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang), Deden Deni (Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan), Dedi Mahfudin (Kepala Kantor Kementerian Agama Tangerang Selatan), dan Baijuri (Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang). Peserta pelatihan mendapatkan sejumlah materi dari para praktisi meliputi topik Perubahan Mindset, Perilaku Hijau, Perilaku Sehat dan Bersih, Green Productivity dan 5R, Literasi dan Numerasi, Diskusi dan Presentasi Lembar Kerja, hingga Pembelajaran Diferensiasi dan Active Learning. 

Sebelumnya, pada Januari-Februari 2022 perusahaan menyelenggarakan pelatihan serupa dan diikuti oleh ratusan kepala sekolah serta guru dari kedua wilayah tersebut. Kegiatan ini merupakan bagian dari program corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan. "Dengan kegiatan-kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kompetensi serta kapabilitas sumber daya manusia (SDM). Sekolah Berhati diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang aplikatif dan sesuai dengan kurikulum Merdeka Belajar yang menjadi kebijakan Kemendikbud," ujar Corporate Social Responsibility Department Head PT BSD Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP.

Program Sekolah Berhati diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang karakter bangsa. Platform Sekolah Berhati sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang menjadi agenda dunia dalam pembangunan bagi keselamatan manusia dan bumi.

Baca juga: Wanita Bicara Rasa Sakit Menjadi Botak akibat Alopecia Areata

Pada 24 Maret 2022, perusahaan juga melaksanakan kegiatan CSR di bidang sosial melalui talk show pemberdayaan wanita yang bertajuk Rajutan Asa dan Juang. Gelar wicara tersebut bertempat di Gedung Auditorium, Green Office Park (GOP) 9, BSD City, yang diikuti 150 peserta dan dihadiri oleh sejumlah narasumber di antaranya Lista Hurustiati (Ketua Tim Fasilitasi CSR Tangerang Selatan), Ratih Sanggarwati (Ketua Komunitas Ibu Cerdas Indonesia), serta Kepala Dinas Koperasi & UMKM Tangerang Selatan. "Talk Show tersebut bertepatan dengan International Women's Day yang diperingati setiap 8 Maret, diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi perempuan Indonesia untuk terus meningkatkan kapabilitas dalam mewujudkan emansipasi wanita," tutup Maria. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT