25 March 2022, 15:43 WIB

Wartawan Media Indonesia Runner Up Lomba Penulisan Opini PWI Jabar


Mediaindonesia.com | Humaniora

dok Panitia Hari Pers PWI Jabar
 dok Panitia Hari Pers PWI Jabar
Ketua PWI Pusat Atal, Ketua PWI Jabar menyerahkan piagam ke ke Kajati Jabar dan Wagub Jabar

Pers di Tengah Pusaran Pandemi karya wartawan Media Indonesia, Adiyanto berhasil menjadi runner up Lomba Penulisan Opini yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia, Jawa Barat. Pada event yang diselenggarakan untuk memeriangati Hari Pers Nasional itu, juara pertama diraih M Naufal Hafidz dari portal Ayobandung.com dengan tulisan berjudul Di Bawah Bayang-bayang Kematian. Sedangkan juara ketiga direbut Muhamad Alif Santosa dari harian Kabar Cirebon, dengan karya berjudul Pers dan Jurnalisme Kemanusiaan.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruznahul Ulum berharap, insan pers mampu menyajikan media berita yang bermanfaat bagi masyarakat dan membawa kebaikan.

"Antara lain, informasi yang akurat, yang kedua bernuansa pendidikan untuk mencerdaskan masyarakat, dan bernuansa persatuan dan kesatuan, jangan sebaliknya," kata Uu pada malam puncak Peringatan Hari Pers tingkat Jawa Barat, di Soreang Kabupaten Bandung, Rabu (23/3).

Menurut Uu, pers telah berkontribusi pada pembangunan di Jabar. Berkat insan pers, warga Jabar dapat mengetahui pembangunan yang tengah dilaksanakan di Jabar. "Terima kasih perannya selama ini," kata Uu.

Pada acara tersebut, Uu juga memperoleh penghargaan dari PWI Jabar yaitu anugerah Pupuhu Pangaping. Uu mengaku, bersyukur dan berterimakasih kepada PWI yang telah memberikan anugerah itu kepadanya.

"Dengan awak media ini, informasi sampai ke tingkat masyarakat begitu cepat dan akurat, oleh karena itu kolaborasi pentahelik ini sangat mutlak harus dilakukan," ujar Uu.

Selain Uu, PWI Jabar juga memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh. Di antaranya anugerah pencapaian indeks kemerdekaan pers, diberikan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Selain itu, anugerah Ajen Pangaping diberikan kepada Bupati Bandung, Karawang, Majalengka, Indramayu, dan Cianjur.

Sementara anugerah mitra strategis PWI, diberikan kepada Kajati Jawa Barat, Asep N Mulyana, Ketua DPRD Kabupaten Bandung, Sugianto, Kapolresta Bandung, Kusworo Wibowo.

Adapun peraih anugerah Loyalitas Profesi diberikan kepada Hamzah Ibrahim dan Ustiarsa, yang merupakan wartawan senior. Sementara yang mendapat anugerah PWI terbaik, yakni PWI Kota Bandung, Karawang, dan Depok. (RO/M-4)

BERITA TERKAIT