24 March 2022, 14:48 WIB

Festival Kopi Pemuda Nusantara Ajang Menggali Potensi Dalam Secangkir Kopi


mediaindonesia.com | Humaniora

kemenpora.go.id
 kemenpora.go.id
Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda menggelar acara Festival Kopi Pemuda Nusantara di Lobby Mall Kasablanka, Jakarta, Rabu (23/3) siang.

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus melakukan terobosan dalam mengggali dan mengembangkan pemuda kreatif di Indonesia. Salah satunya, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda menggelar acara Festival Kopi Pemuda Nusantara yang dibuka oleh Sekretaris Kemenpora, Jonni Mardizal di Lobby Mall Kasablanka, Jakarta, Rabu (23/3) siang. 

Acara yang dilaksanakan selama lima hari (23 s/d 27 Maret) tersebut akan diisi berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan kopi. Mulai dari pameran berbagai produk kopi, kelas pembuatan kopi hingga kompetisi barista yang diikuti berbagi pemuda di Indonesia. 

Sesmenpora Jonni pada sambutanya menyampaikan bahwa, potensi anak muda Indonesia dalam menggeluti dunia usaha saat ini sangat tepat, apalagi dalam bidang kopi. "Ternyata Indonesia sangat terkenal di kancah dunia dan kaya dengan kopi. Saya beberapa kali ke daerah selalu disuguhi kopi yang masing-masing memiliki rasa yang berbeda," katanya.   

Baca Juga: Menpora Amali Jelaskan Terkait Kesiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022 ke Komisi X DPR RI

"Oleh karenanya Kemenpora sangat mendukung sekali dengan adanya acara ini. Saya berharap dari acara ini nantinya melahirkan pengusaha-pengusaha muda di bidang kopi, apalagi pemenang lomba barista nanti akan mendapat hadiah untuk ke luar negeri mendalami ilmu kopi," tambahnya. 

Jonni juga berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk anak-anak muda yang bergerak di bidang wirausaha kopi. "Sesuai arahan Pak Menpora juga, saya harap kegiatan ini nantinya bisa melahirkan anak-anak muda yang sukses dalam menggeluti usaha di bidang kopi. Apalagi kegiatan ini juga berkolaborasi dengan kementerian dan komunitas kopi lain," ujarnya. 

Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah melaporkan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk menggali potensi anak muda Indonesia yang bergerak di bidang kopi. "Indonesia memiliki kopi yang luar biasa dan terkenal di dunia, oleh karena itu Kemenpora menggelar acara ini yang diharapkan bisa melahirkan anak muda sukses bergerak di bidang kopi. Bahkan pemenangnya nanti akan dibawa ke Amerika untuk belajar lagi mengembangkan kopi," katanya. 

Sementara Staf Ahli Kemenkop UKM Luhur Pradjarto mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora yang ikut mendukung UKM Indonesia yang bergerak di bidang kopi. "Saya sangat mendukung acara ini, saya harap dari acara ini nanti bisa melahirkan barista-barista baru yang bisa mengembangkan kopi Indonesia di kancah dunia," harapnya. Acara ini juga dihadiri oleh Plt Asisten Deputi Kreativitas Pemuda Abdul Muslim. (OL-10)

BERITA TERKAIT